Instagram Buat Fitur ‘Favorites’, Saingi TikTok dan Youtube

Instagram dikabarkan sedang mengembangkan fitur bernama Favorites atau Favorit untuk ponsel berbasis iOS. Pesaingnya yakni YouTube dan TikTok juga gencar membuat fitur-fitur baru.
Fahmi Ahmad Burhan
13 September 2021, 11:43
instagram, iphone, tiktok, youtube
alexey malkin|123RF.com
Ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple

Instagram dikabarkan sedang mengembangkan fitur bernama Favorites atau Favorit untuk ponsel berbasis iOS atau iPhone. Pesaingnya yakni YouTube dan TikTok juga gencar membuat fitur-fitur baru.

Kabar pengembangan fitur baru itu diungkap pertama kali oleh seorang pengembang (developer) Alessandro Paluzzi. "Favorites memungkinkan Anda mengategorikan akun Instagram terpenting sebagai prioritas, sehingga unggahan mereka akan akan lebih banyak terpajang di feed," kata dia dikutip dari The Verge, akhir pekan lalu (11/9).

Pengguna Instagram saat ini mengandalkan algoritme Facebook untuk menentukan konten mana yang terlihat lebih dahulu di feed. Algoritme bekerja berdasarkan beberapa faktor, seperti popularitas unggahan dan seberapa sering pengguna berinteraksi dengan akun tertentu.

Dengan adanya fitur Favorites, pengguna bisa memasukkan akun tertentu ke dalam daftar kesukaan. Unggahan dari akun-akun ini akan muncul pertama di feed, terlepas dari popularitas atau faktor lain algoritme.

Advertisement

Saat memasukkan akun tertentu ke dalam daftar kesukaan, hanya pengguna tersebut yang dapat melihat siapa yang ada di daftar. Akun yang ada di daftar juga tidak akan tahu tentang ini maupun jika mereka dihapus dari lis.

Namun, belum jelas kapan Instagram akan memperkenalkan fitur tersebut.

Di sisi lain, Instagram memang tengah gencar mengembangkan berbagai fitur. Pada Juli laluHead of Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa perusahaan akan berubah dari platform berbagi foto menjadi video, seperti TikTok dan YouTube.

"Kami bukan lagi aplikasi berbagi foto," kata Mosseri kepada CNBC Internasional, dikutip pada Juli (2/7).

Ke depan, anak usaha Facebook itu akan berfokus mengembangkan layanan video. Selain itu, menampilkan video layar penuh di feed dan memberikan rekomendasi, termasuk dari akun yang belum diikuti oleh pengguna.

Itu dilakukan ketika popularitas platform video pendek seperti TikTok meningkat. Berdasarkan laporan We Are Social, pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) TikTok mencapai 689 juta pengguna.

Aplikasi sama yang khusus digunakan di Tiongkok, Douyin, memiliki jumlah MAU sebanyak 600 juta. Jika keduanya digabungkan, maka jumlah penggunanya lebih besar dari Instagram (1,1 miliar MAU).

Sedangkan jumlah MAU Instagram 1,2 miliar secara global per Januari. Lalu YouTube 2 miliar MAU.

Sekitar 30% - 40% pengguna Instagram dan YouTube menggunakan TikTok. TikTok juga memiliki rata-rata engagement rate atau tingkat keterlibatan pengguna di atas Instagram.

Riset Influencer Marketing Hub pada 2019 menunjukkan, persentase engagement rate di TikTok berkisar 5% - 9% per unggahan. Sedangkan Instagram hanya 1% - 7% per unggahan.

Itu artinya, interaksi antar-pengguna, seperti memberikan like dan komentar, lebih sering terjadi di TikTok.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait