Gojek Gandeng Startup Jasa Influencer untuk Perbanyak Mitra UMKM

Fahmi Ahmad Burhan
15 Februari 2021, 18:27
Gojek Gaet Startup Jasa Influencer untuk Menggaet Lebih Banyak UMKM
Gojek
Ilustrasi Gojek

Decacorn Indonesia, Gojek menggaet startup penyedia jasa influencer Allstars.id untuk menyediakan layanan pemasaran kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Solusi ini dinilai potensial untuk mendongkrak pendapatan.

Melalui kolaborasi itu, aplikasi GoBiz milik Gojek terintegrasi dengan platform Allstars.id. Perusahaan ini menghubungkan influencer dengan pelaku usaha.

VP of Commercial Solutions and Operations Gojek Vincent Bachtiar mengatakan, mitra UMKM bisa menggunakan layanan Allstars.id untuk memasarkan produk di media sosial, baik Facebook, Instagram maupun TikTok. “Ini solusi di tengah tren penggunaan media sosial,” katanya saat konferensi pers virtual, Senin (15/2).

Layanan Allstars.id hadir di aplikasi GoBiz dalam bentuk shuffle card. Dengan mengeklik bagian itu, pengguna akan dibawa masuk ke platform Allstars.id, lalu mendaftar.

Pelaku usaha akan dihubungkan dengan 120 juta influencer mulai dari yang memiliki 1.000 pengikut (follower) hingga selebritas media sosial atau selebgram. Pebisnis bisa memilih sesuai tarif yang ditetatpkan.

Setelah produk atau program dipromosikan di media sosial oleh influencer, mitra UMKM akan mendapatkan informasi laporan engagement rate secara real-time di platform.

Vincent menilai, pemasaran menggunakan influencer potensial. "Ada sekitar 95% pengguna ponsel pintar (smartphone) yang aktif di media sosial. Jadi engagement rate tinggi dibandingkan iklan di mesin pencarian," kata dia.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII), jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 196,7 juta per kuartal II 2020. Rinciannya dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

Selain menggaet startup penyedia jasa influencer, Gojek meluncurkan GoStore untuk menyasar UMKM. Decacorn ini juga membuat GoToko dengan model business to business (B2B) pada pertengahan tahun lalu (10/9).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...