Tutup GoFood Festival di 2020, Gojek Buat Festival Virtual 30.000 UMKM
Gojek menutup layanan pujasara GoFood Festival pada Juni 2020 atau empat bulan setelah kasus pertama positif virus corona hadir di Indonesia. Decacorn ini kini menggelar festival virtual GoFoodieland.
GoFoodieland menghadirkan 30 ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara ini digelar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Medan, Bali, Palembang.
Festival virtual itu dapat diakses melalui aplikasi Gojek di layanan GoFood maupun situs GoFoodieland.com selama 9 - 28 November. “Apakah akan jadi acara tahunan? Kami selau berinovasi untuk memberikan yang terbaik,” Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman saat konferensi pers virtual, Selasa (16/11).
GoFoodieland mencakup sejumlah aktivitas hiburan, di antaranya:
- Foodiecourt: kurasi merchant pilihan
- Foodie Music: pertunjukan musik dengan bintang tamu Pamungkas dan Rendy Pandugo
- Foodie Review: mengulas makanan bersama chef Hamzah Ghani Arifin, Gerry Girianza, dan Genki Banget
- Foodie Star: makan malam virtual bersama artis idola
- Foodie Show: talk show seru seputar kuliner bersama Dimas Beck dan Ncess Nabati
Selain itu, ada lima kategori rekomendasi kuliner dari mitra UMKM, yakni:
- Rekomendasi Juara: kurasi mitra UMKM yang paling banyak dipesan atau terlaris
- Rekomendasi Terbaru: seleksi para mitra UMKM baru
- Rekomendasi Populer: mitra UMKM yang banyak disukai oleh pelanggan dengan rating tinggi
- Rekomendasi Legenda: kurasi mitra UMKM ikonis yang menjadi kebanggan lokal di setiap kota
- Rekomendasi Viral: seleksi kuliner yang lagi tren dan sedang naik daun dari mitra UMKM
Gojek juga menyediakan sejumlah promosi di antaranya:
- Diskon sampai Rp 70 ribu
- Gratis ongkos kirim
- Diskon Rp 40 ribu khusus pelanggan baru, menggunakan kode “GOFOODINAJA”
- Kode voucer total ratusan juta di GoFoodieland
- Pelanggan dengan pemesanan terbanyak berkesempatan meraih voucer Rp 500 ribu untuk 50 pelanggan terpilih
- Kesempatan makan bersama secara virtual dengan selebritas, jika bertransaksi Rp 300 ribu
“Di GoFood, kami terus mencari cara baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin mengandalkan layanan pesan-antar makanan online,” kata Ichmeralda.
Berdasarkan laporan Google, Temasek, dan Bain Company bertajuk e-Conomy SEA 2021, pengguna yang telah menjadi konsumen sebelum pandemi menggunakan layanan digital rata-rata 3,6 lebih banyak.
Selain itu, 72% responden menilai bahwa layanan pesan-antar makanan mempermudah aktivitas sehari-hari. Sebanyak 41% menyatakan penggunaan layanan pesan-antar makanan menjadi bagian dari rutinitas.
Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah menilai, GoFoodieland menjadi angin segar bagi konsumen untuk melakukan petualangan kuliner. “Ini akan berdampak positif bagi para UMKM kuliner untuk bertahan dan terus tumbuh di masa penuh tantangan ini,” katanya.
Pemilik Nasi Kuning Roemah Naskoen Didit Helditia menyampaikan, festival kuliner seperti GoFoodieland dapat membantu dirinya menarik dan menjangkau pelanggan lebih luas lagi. “Selain itu, membantu bisnis kami untuk terus berkembang,” ujar dia.
Sebelum GoFoodieland, Gojek memiliki GoFood Festival. Namun, layanan pujasera ini ditutup seiring adanya kasus positif virus corona di Indonesia.
Decacorn Tanah Air itu pun membuat cloud kitchen yang diberi nama Dapur Bersama. Bedanya dengan GoFood Festival, konsumen tidak bisa membeli dan menikmati makanan maupun minuman di Dapur Bersama. Produk hanya bisa dipesan secara online.