Nissan PHK 12.500 Karyawan Secara Bertahap dalam Dua Tahun

Rizky Alika
30 Juli 2019, 20:38
Nissan, PHK, Karyawan
Dok. Nissan Motor Co
Nissan Motor Co berencana memangkas 12.500 karyawannya secara bertahap hingga 2023. Efisiensi ini merupakan bagian dari restrukturisasi bisnis perusahaan.

PT Nissan Motor Indonesia mengkonfirmasi mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan dilakukan Nissan Motor terhadap 12.500 orang karyawannya di seluruh dunia. Angka itu membengkak dari yang diberitakan sebelumnya sebanyak 10 ribu orang karyawan. Langkah tersebut diambil sebagai upaya Nissan memperbaiki operasi dan efisiensi.

"Kami mengambil tindakan untuk menghentikan atau mengurangi kapasitas di lini produksi di 8 lokasi," kata President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi dalam keterangan resmi yang diterima katadata.co.id, Selasa (30/7).

Pernyataan Sekiguchi ini seperti yang disampaikan CEO Nissan Motor Co. Hiroto Saikawa saat konferensi pers di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pekan lalu, menyatakan ratusan pekerja di Indonesia dapat terkena PHK.   

(Baca: Kinerja Bisnis Turun, Nissan PHK 10 Ribu Karyawan )

Pengurangan karyawan akan dilakukan secara bertahap selama dua tahun, periode 2020-2021.  Nissan belum memberikan data detail mengenai jumlah karyawan Nissan di Indonesia.

"Tidak ada detail spesifik yang dapat dibagikan saat ini,” kata Sekiguchi. 

PHK terjadi di tengah upaya perusahaan memperbaiki kinerja operasional dan efisiensi investasi, yang akan dilakukan secara bertahap hingga Maret 2023.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...