PSBB Jakarta Diperpanjang, Car Free Day & Lomba 17 Agustus Ditiadakan

Image title
14 Agustus 2020, 05:00
PSSB Jakarta Diperpanjang, CFD & Kemeriahan 17 Agustus Ditiadakan.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Warga berolah raga di kawasan JaIan Sudirman, Jakarta, Minggu (28/6/2020). Pemprov DKI memperpanjang PSBB transisi fase I dan melarang kegiatan CFD maupun kemeriahan perayaan 17 Agustus.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) fase transisi pertama untuk keempat kalinya. Kebijakan PSBB yang akan akan diberlakukan selama 14 hari ke depan hingga 27 Agustus 2020 ini bertujuan menekan laju penyebaran virus corona yang masih relatif tinggi di Ibu Kota. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dengan perpanjangan PSBB ini menyebabkan segala kegiatan yang berkaitan dengan kerumunan massa akan kembali dibatasi. Dia berharap perpanjangan PSBB bisa membuat masyarakat semakin waspada atas potensi penularan Covid-19 di Jakarta. 

Advertisement

PSBB transisi ini bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Oleh karena itu dia meminta seluruh kegiatan rutin digelar setiap tahun seperti perlombaan atau tasyakuran dalam rangka peringatan 17 Agustus ditiadakan. 

Selain itu, kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti hari bebas kendaraan  bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) pun kembali ditiadakan sementara waktu.

"Lomba-lomba inilah yang menyebabkan kerumunan tanpa terkendali, sedangkan upacara relatif bisa dikendalikan karena jarak antar berdirinya bisa diatur hingga tata caranya," kata Anies melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (13/8) malam.

Menurut dia, keputusan itu ditempuh setelah melakukan musyawarah dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog dan berkoordinasi dengan jajaran Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkopimda).

Pasalnya, hingga Kamis (13/8) jumlah pasien terkonfirmasi positif corona bertambah 621 orang sehingga total akumulasi kasus positif Covid-19 di Jakarta menjadi 27.863 orang.

Adapun pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri, saat ini bertambah 119, sehingga total kasus aktif menjadi 9.044 orang. Sedangkan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif yang meninggal dunia bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 981 orang.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement