Riset Facebook: 91% Konsumen Menyukai Fitur Chat saat Belanja Online

Image title
26 Oktober 2019, 10:12
Ilustrasi belanja online. Menurut survei Facebook dan BCG, masyakat yang meminati fitur conversational commerce sebelum memutuskan membeli produk di toko online.
Halosis
Ilustrasi belanja online. Menurut survei Facebook dan BCG, masyakat yang meminati fitur conversational commerce sebelum memutuskan membeli produk di toko online.

Berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan menjadi masih menjadi tren masyarakat Indonesia ketika belanja online. Riset Facebook dan Boston Consulting Group menunjukkan, 91% masyarakat Indonesia yang disurvei berminat belanja online atau meningkatkan transaksi belanjanya setelah melakukan conversational commerce atau percakapan dagang (chat) di aplikasi perpesanan maupun situs e-commerce.

"Di Indonesia kami melihat orang-orang melakukan conversational commerce karena dapat menggabungkan berbagai keutamaan berbelanja baik offline maupun online melalui interaksi yang didapatkan untuk membangun kepercayaan, kemudahan dan kenyamanan," ujar Direktur Grup Bisnis Global untuk Facebook di Asia Tenggara dan Negara Berkembang, Sarita Singh di Jakarta, Jumat (25/10).

Advertisement

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren penggunaan conversational commerce, Facebook dan Boston Consulting telah melakukan survei terhadap 1.112 responden di Indonesia pada Mei hingga Agustus 2019. Hasilnya menunjukkan, masyarakat Indonesia memiliki tingkat kesadaran tinggi terhadap fitur percakapan dagang.

(Baca: Pesta Belanja Online 9.9, Shopee Catat Transaksi Naik 3 Kali Lipat)

Sebanyak 62% responden menjawab mereka mengetahui dapat memesan atau membeli produk melalui fitur chat, 48% responden pernah menggunakan fitur chat sebelum membeli barang dan 29% responden akhirnya melakukan transaksi setelah memakai fitur percakapan dagang.

Studi ini juga menunjukkan, fitur percakapan dagang menciptakan konsumen online baru di Indonesia. Sebab, 43% responden menyatakan percakapan dagang menjadi hal yang pertama yang mereka lakukan sebelum memutuskan belanja online.

Pada sebuah studi online lain bertajuk "Studi liburan Facebook 2019" oleh Ipsos Marketing, juga mengungkapkan 94% masyarakat Indonesia yang disurvei kemungkinan besar membeli produk dari penjual yang bisa dihubungi lewat fitur chat.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement