Incar Cadangan Migas Baru, Renco Elang Energy Eksplorasi South Block A

BPMA berharap pengeboran sumur eksplorasi tersebut berhasil menemukan cadangan migas baru di wilayah Aceh.
Image title
Oleh Verda Nano Setiawan
28 Juni 2019, 17:07
eksplorasi migas, cadangan migas Indonesia, bpma aceh
www.skkmigas.go.id
Ilustrasi. Pengeboran blok migas lepas pantai. The United States Geological Survey (USGS) memperkirakan lebih dari 9 TCF gas dan 210 mmbbl minyak belum dieksplorasi di wilayah Sumatera Bagian Utara.

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyebut beberapa kontraktor migas mulai melakukan pengeboran di wilayah aceh untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi (migas). Salah satunya adalah Renco Elang Energy yang akan melakukan pengeboran satu sumur eksplorasi di South Block A (SBA).

Kepala BPMA Azhari Idris mengatakan, Renco Energy akan melakukan pengeboran satu sumur pada Juli 2019. "Juli ini, kami akan mengebor satu sumur di Lapangan Amanah Timur 2 oleh Renco Energy," ujar Azhari saat ditemui Katadata.co.id di Jakarta, pekan lalu.

(Baca: BPMA Fokus Cari Cadangan Migas Baru di Aceh)

Azhari berharap pengeboran sumur eksplorasi tersebut bakal menemukan cadangan migas baru. Maklum saja, BPMA tengah gencar-gencarnya mencari cadangan migas. "Mudah-mudahan kami mendapatkan hidrokarbon di situ," ujarnya. 

Berdasarkan catatan dari laman bpma.go.id, Renco Energy merupakan operator Wilayah Kerja SBA. Renco Energy dan pemerintah menandatangani kontrak bagi hasil (PSC) untuk wilayah kerja tersebut pada tanggal 5 Mei 2009.  

(Baca: Badan Pengelola Migas Aceh Minta Kontrak Blok NSB Segera Diperpanjang)

SBA terletak di Sumatera Bagian Utara yang merupakan salah satu cekungan hidrokarbon yang paling produktif di Indonesia dengan lebih dari 80 lapangan migas. The United States Geological Survey (USGS) pada tahun 2000 menyatakan, kurang lebih 1.900 mmbbl cadangan minyak dan 34 tcf gas telah ditemukan di cekungan ini. Laporan USGS memperkirakan lebih dari 9 TCF gas dan 210 mmbbl minyak belum dieksplorasi di wilayah Sumatera Bagian Utara.  

Luas wilayah kerja SBA kurang lebih 2.100 kilometer persegi, yang dibagi menjadi dua area yang terpisah, yaitu area 1 dan area 2. SBA dikelilingi beberapa lapangan migas besar, di antaranya lapangan gas Arun dengan cadangan awal gas lebih dari 15 TCF dan lapangan minyak Rantau dengan cadangan minyak lebih dari 300 mmbl.

Video Pilihan

Artikel Terkait