Pertamina Selesaikan Pembayaran Kompensasi Awal Tumpahan Minyak ONWJ

Image title
28 Februari 2020, 15:22
pertamina, onwj, tragedi tumpahan minyak
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi, sejumlah warga terdampak tumpahan minyak Pertamina Hulu Energi Off Shore North West Java (ONWJ) mengantre untuk verifikasi data dana kompensasi di Kantor Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Pertamina masih harus menyelesaikan pembayaran awal 103 warga di Kabupaten Kerawang dan Bekas.

Pertamina Hulu Energi atau PHE akhirnya membayarkan kompensasi awal tumpahan minyak Blok Offshore North West Java (ONWJ). Pembayaran diberikan kepada warga terdampak Kelompok B di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Vice President Relations PHE Ifki Sukarya mengatakan pembayaran kompensasi awal dilaksanakan berdasarkan SK Bupati Karawang dan Bekasi kepada sisa warga terdampak yang belum mendapatkan pembayaran kompensasi awal dengan nilai Rp 1,8 juta untuk perhitungan dua bulan. 

Pembayaran kompensasi Kelompok B baru dilaksanakan karena ada perbaikan data warga terdampak. Hal itu sesuai dengan permintaan pihak bank agar dapat dibuatkan buku tabungan dan kartu ATM.

Total warga terdampak Kelompok B di Kabupaten Karawang yang perlu memperbaiki data sebanyak 1.999 warga. Sedangkan untuk Kabupaten Bekasi sebanyak 447 warga terdampak. 

Hingga jadwal terakhir pembayaran pada Kamis (27/2), PHE mencatat 1.928 warga terdampak dari Kelompok B di Kerawang sudah mendapatkan pembayaran kompensasi. Sedangkan realisasi pembayaran kompensasi Kelompok B di Kabupaten Bekasi sebanyak 415 warga.

(Baca: Pertamina Bayar Kompensasi Tumpahan Minyak ONWJ ke 1.999 Warga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...