Hasil Abu-Abu Tes Usap Covid-19

Merdeka.com
Oleh Merdeka.com
19 Oktober 2020, 14:23
covid-19, virus corona, pandemi corona, covid-19, jakarta
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Warga menjalani "swab test" di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Hasil swab test tidak selalu positif atau negatif Covid-19.

Pesan elektronik berisi hasil tes usap (PCR Swab) dibuka Pr dengan perasaan was-was. Ini merupakan hasil tes kedua setelah menjalani isolasi mandiri. Batinnya berkecamuk. Harap-harap cemas antara positif atau sudah negatif Covid-19. Hasil tes dibaca, keterangannya justru membingungkan.

Sambil mengernyitkan dahi, lekaki 29 tahun ini tidak menyangka hasil diterimanya tidak memberi kepastian. Bukan tulisan positif atau negatif. Hasil tes menyebutkan kondisinya terkini adalah Presumtive positive/inconclusive. "Tiba-tiba yang keluar adalah presumtif itu. Dugaan dan tidak bisa disimpulkan," ujar Pr kepada merdeka.com, Rabu pekan lalu.

Dia bercerita, semua bermula ketika kantornya menggelar tes rapid. Hasil tesnya reaktif. Berbekal hasil yang tak menyenangkan itu, karyawan swasta tersebut mengambil inisiatif untuk melakukan tes PCR Swab secara mandiri. Sekitar pertengahan September, dia melakukan tes usap di Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) Laboratorium, salah satu perusahaan penyedia jasa tes PCR Swab di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Tes usap pertama itu menegaskan hasil tes rapid. Pr terkonfirmasi positif Covid-19. Mendapat kepastian bahwa dirinya positif, dia meminta ibu dan adiknya melakukan tes usap. Ini dikarenakan memang tinggal serumah. Tes di tempat yang sama, hasilnya keduanya juga positif Covid-19. Mendapat hasil demikian, Pr dan keluarga kemudian menjalani isolasi mandiri di rumah.

Waktu isolasi dijalani dengan penuh harapan bahwa keadaan mereka membaik. Setelah 14 hari melakukan isolasi mandiri, Pr bersama ibu dan adiknya kembali menyambangi GSI Laboratorium untuk kembali memastikan kondisi kesehatannya. Tes kedua itulah menunjukkan hasil abu-abu. Tak dapat disimpulkan apakah mereka sudah positif atau masih negatif.

Artikel ini terbit pertama kali di:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...