GOTO Pangkas Bakar Uang Rp 2,4 Triliun dan Fokus ke Pelanggan Loyal

Syahrizal Sidik
16 Agustus 2023, 08:30
 GOTO Pangkas Bakar Uang Rp 2,4 Triliun dan Fokus ke Pelanggan Loyal
Dokumentasi perseroan
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk

Emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menargetkan dapat meraih EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat pada tahun ini. Untuk mencapai hal itu, perusahaan bakal terus menerapkan strategi mengurangi bakar uang, mengelola beban dan fokus pada pelanggan loyal.

GOTO mengurangi beban insentif sekitar 32,8% yang setara Rp 2,4 triliun menjadi Rp 4,9 triliun pada semester pertama tahun ini dibanding periode sama tahun lalu Rp 7,3 triliun.

Di pos beban iklan dan pemasaran, perusahaan berhasil menekan sekitar Rp 1,1 triliun atau turun 50,1% menjadi Rp 1,1 triliun pada semester pertama 2023 dibanding tahun sebelumnya Rp 2,2 triliun.

Di tengah penuunan beban promosi dan bakar uang tadi, GOTO mencatat kenaikan pendapatan bersih 102,5% menjadi Rp 6,9 triliun dibanding sebelumnya Rp 3,4 triliun. Meski begitu, perusahaan masih mencatatkan kerugian meski telah berkurang 48% menjadi Rp 7,2 triliun dari semester pertama 2023 senilai Rp 14,2 triliun.

Dalam paparan kinerjanya, manajemen GOTO menegaskan strategi pangkas bakar uang akan terus berlanjut demi neraca keuangan yang lebih sehat sehingga tercapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas. Tetapi, pengguna yang selama ini peduli terhadap harga tetap jadi perhatian utama.

Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menyatakan, untuk mencapai profitabilitas sepanjang 12 bulan terakhir, basis konsumen perusahaan bergeser menuju konsumen yang memprioritaskan kenyamanan di atas harga. Tercatat, setidaknya ada 53 juta konsumen loyal GOTO yang berkontribusi sekitar 75% dari GTV Grup yang mencapai Rp 143 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...