Trump Negatif Corona, AS Tambah Larangan Perjalanan Inggris & Irlandia

Presiden AS Donald Trump dinyatakan negatif setelah sebelumnya sempat makan malam dengan delegasi asal Brazil yang salah satunya positif Covid-19.
Image title
15 Maret 2020, 09:38
donald trump, negatif corona, covid 19, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner/aww/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berfoto bersama dengan Presiden Brazil Jair Bolsonaro sebelum menghadiri acara makan mala di resor Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, Amerika Serikat, Sabtu (7/3/2020).

Dokter Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump negatif virus corona atau Covid-19 setelah melakukan tes pada Jumat (13/3).

Trump memutuskan untuk melakukan tes tersebut pada Sabtu (14/3) setelah sebelumnya melakukan makan malam bersama Presiden Brazil Jair Bolsonaro dan sekretaris pers untuk Presiden Brazil yang dinyatakan positif Covid-19. Bolsonaro pun telah melakukan tes dan hasilnya negatif.

Media setempat sempat menyebut Trump egois lantaran tidak segera melakukan tes atau mengisolasi dirinya setelah makan malam tersebut. Namun Trump menyatakan, “Saya tidak pernah bilang tidak akan melakukan tes”, dikutip CNBC International, Minggu (15/3).

“Setelah berdiskusi secara mendalam dengan Presiden terkait tes Covid-19, dia memutuskan untuk melakukannya. (Sabtu) malam ini, saya menerima laporan bahwa hasilnya negatif,” jelas tim dokter Gedung Putih.

Advertisement

(Baca: Cemas Pandemi Covid-19, Trump Batasi Masuknya Pelancong dari Eropa)

Tim dokter gedung putih juga menyebutkan bahwa mereka senantiasa berkoordinasi dengan Center fro Desease Control (CDC) dan Satuan Kerja Virus Corona Gedung Putih terkait upaya mitigasi penyebaran dan paparan Covid-19.

Selain itu Wakil Presiden AS Mike Pence juga menyatakan akan melakukan tes Covid-19 . “Saya dan istri saya akan melakukan tes. Saya akan segera berbicara dengan tim dokter Gedung Putih,” ujarnya.

Seiring dengan jumlah kasus yang terus bertambah di AS, Gedung Putih pun melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap semua orang yang akan berinteraksi dengan Trump dan Pence. Ini termasuk kepada awak media yang menghadiri konferensi pers di Gedung Putih.

Trump juga  mempertimbangkan untuk melakukan pembatasan perjalanan domestik dan menganjurkan agar warga AS tidak berpergian dulu. Sementara itu pembatasan penerbangan juga akan ditingkatkan mulai Senin (16/3) tengah malam waktu AS, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

(Baca: Berpotensi Terinfeksi Virus Corona, Presiden AS Trump Belum Diperiksa)

AS pun menambahkan Inggris dan Irlandia ke dalam daftar larangan perjalanan seiring dengan jumlah korban meninggal akibat Covid-19 yang semakin bertambah di sana. Pada Sabtu otoritas kesehatan Inggris melaporkan 10 korban meninggal akibat corona.

Meski demikian, Pence menegaskan bahwa warga negara AS di Inggris dan Irlandia akan tetap diizinkan pulang melalui bandara yang telah ditentukan.

Beberapa anggota Kongres AS, termasuk senator asal Texas Ted Cruz, melakukan isolasi mandiri setelah bertemu dengan beberapa orang yang positif Covid-19. Beberapa tokoh besar seperti aktor Tom Hanks dan pemain basket klub Utah Jazz Rudy Gobert juga diketahui positif terinfeksi virus tersebut.

Beberapa tokoh dunia lainnya seperti istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Gregoire Trudeau, telah dinyatakan positif Covid-19.

(Baca: Presiden Donald Trump Pastikan Tak Alami Gejala Corona)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait