Dukung Industri Otomotif RI, BMW Luncurkan X3 dan X7 Rakitan Lokal

BMW meluncurkan X7 xDrive40i Opulence yang merupakan varian tertinggi BMW X series, serta X3 xDrive30i M Sport yang menjadi varian tertinggi seri BMW X3. Keduanya sudah dirakit di Indonesia.
Image title
Oleh Happy Fajrian
25 Februari 2021, 12:17
bmw indonesia, bmw x7 opulence, bmw x3, rakitan lokal, ckd
BMW Indonesia
BMW X7 xDrive40i Opulence selesai dirakit di pabrik perakitan BMW Production Network 2, Gaya Baru, Jakarta.

BMW Indonesia meluncurkan dua mobil mewah baru dari keluarga X Series, yakni BMW X7 xDrive40i Opulence dan varian tertinggi BMW X3 xDrive30i M Sport. Dua mobil dari keluarga X series BMW ini merupakan hasil rakitan lokal atau completely knocked down (CKD)  BMW Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta.

Dengan peluncuran The New X7 dan varian tertinggi X3, secara total BMW Group Indonesia telah memiliki delapan model mobil yang dirakit secara lokal di Indonesia.

“The New X7, produk flagship dar keluarga BMW X ini mewakili puncak kemewahan yang memperlihatkan potensi pengembangan pasar kendaraan mewah di Indonesia,” kata President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan melalui konferensi pers virtual, Rabu (24/2).

Ramesh menambahkan bahwa meluncurnya dua mobil premium BMW buatan lokal juga semakin menegaskan komitmen BMW untuk mendukung industri otomotif Indonesia di tengah pandemi Covid-19 melalui investasi, transfer teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Sebelumnya BMW juga telah meluncurkan tiga mobil dari jajaran X Series yang juga dirakit di Indonesia, yakni BMW X1 sDrive18i, X3 sDrive20i, dan X5 sDrive40i xLine, pada Januari lalu.

Menurut Ramesh, model terbaru BMW X7 xDrive40i Opulence telah dilengkapi dengan sentuhan eksterior, fitur serta sistem semi autonomus driving yang semakin canggih. Sementara varian tertinggi X3 xDrive30i M Sport hadir dengan desain eksterior dan interior BMW M Sport yang ikonik dan sporty.

“Serta ragam fitur pintar terbaru. Perakitan secara lokal dari kedua model ini akan menghadirkan kendaraan dengan fitur yang telah disesuaikan dengan permintaan pelanggan, waktu tunggu yang lebih singkat dan harga yang lebih kompetitif,” kata dia.

BMW X3 xDrive30i M Sport
BMW X3 xDrive30i M Sport (BMW Indonesia)

 

BMW X7 terbaru ini ditawarkan dengan harga Rp 2,3 miliar off the road dan akan bersaing di kelas mobil berpenggerak 4 roda dengan mesin 3 liter 6 silinder yang saat ini diisi Mercedes Benz GLS Class dan Audi Q8, atau Porsche Macan dan Range Rover Velar.

Sedangkan varian tertinggi X3 ditawarkan dengan harga Rp 1,14 miliar off the road. X3 akan bersaing di kelas mobil SUV 2 liter yang sudah diisi oleh Mazda CX9, Lexus NX dan Lexus UX, serta Mercedes Benz GLC Class.

BMW berhasil menjual 2.565 unit mobil sepanjang 2020. Jumlah tersebut turun 19,8% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 3.200 unit. Untuk mendorong penjualan di tahun ini yang masih penuh dengan tantangan imbas pandemi Covid-19, BMW telah menyiapkan beberapa strategi.

Adapun mobil dari keluarga X Series berhasil terjual sebanyak 965 unit, menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Director of Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania mengatakan bahwa tahun ini BMW tetap optimistis dalam meningkatkan penjualan, salah satu strateginya adalah pada digitalisasi. “Kami akan menghadirkan seamless experience antara online dan offline, seperti BMW virtual showroom dan virtual launch,” ujarnya.

Selain itu BMW juga akan menambah jumlah showroom dan dealer di lokasi yang lebih strategis, serta menginisiasi kegiatan yang relevan untuk masyarakat.

Video Pilihan

Artikel Terkait