Lima Jurus Kemendag untuk Dorong Kinerja Ekspor Indonesia Tahun Ini

Happy Fajrian
4 Maret 2021, 14:07
ekspor, kemendag, kementerian perdagangan, kinerja ekspor
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Kemendag menyiapkan lima strategi untuk dorong kinerja ekspor mulai dari mendorong UKM berorientasi ekspor hingga UU Cipta Kerja.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menyiapkan lima strategi untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia tahun ini. Pada 2020, neraca perdagangan RI mencatatkan surplus US$ 21,74 miliar. Namun surplus tersebut lebih karena penurunan impor yang lebih dalam dibandingkan penurunan ekspor.

Lima strategi yang telah disiapkan yaitu memelihara pasar ekspor dan produk utama, fokus pada usaha kecil, dan menengah (UKM) berorientasi ekspor, penetrasi pasar nontradisional, memanfaatkan perjanjian dagang, dan reformasi regulasi, khususnya turunan dari Undang-undang Cipta Kerja.

“Ekspor merupakan salah satu komponen produk domestik bruto (PDB) yang dapat mendorong pemulihan perekonomian nasional,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan lewat keterangan resmi, Kamis (4/3).

Menurut Kasan, produk utama dan pasar utama ekspor Indonesia harus terus dijaga karena memiliki kontribusi yang cukup besar.

“Dari 10 negara utama tujuan ekspor memberikan kontribusi sebesar 70% dari total ekspor Indonesia. Sementara, dari 10 produk ekspor utama Indonesia memberikan kontribusi sebesar 60% dari total produk ekspor Indonesia,” terangnya.

Kasan menambahkan terkait penetrasi pasar nontradisional, peran emerging market akan semakin besar di masa yang akan datang. Negara-negara emerging market akan berkontribusi sekitar 71% dari ekonomi dunia dan 51% berada di kawasan Asia.

“Selain Asia, Afrika menjadi salah satu penyumbang komoditas primer yang harganya akan tinggi. Artinya, akan ada persaingan untuk mendapatkan komoditas primer di kawasan Asia dan Afrika sebagai bahan baku untuk diproduksi menjadi barang jadi oleh negara-negara emerging market,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...