Pemerintah Wajibkan Kendaraan Pakai BBM Solar Euro 4 Mulai April 2022

Image title
8 Juli 2021, 18:14
euro 4, bbm, solar, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Petugas SPBU mengangkat nozzle bio solar di SPBU Coco, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Kementerian ESDM mengingatkan kembali implementasi dan pemanfaatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan spesifikasi Euro 4 mulai April 2022. Hal ini seiring kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM ramah lingkungan mulai meningkat.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan masyarakat terutama yang tinggal di Jawa, Madura dan Bali (Jamali) lambat laun menyadari manfaat dari penggunaan BBM ramah lingkungan. Hal ini terbukti dengan penjualan BBM Pertalite yang mencapai 70%, dibanding jenis lainnya.

Menurut dia dampak lingkungan udara yang buruk, memang baru dapat dirasakan dalam jangka panjang. Meski demikian, bukan berarti boleh dibiarkan begitu saja. Keadaan ini harus terus diperbaiki agar masyarakat memperoleh kualitas hidup yang lebih baik.

"Kebijakan pemerintah mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan adalah untuk masyarakat masa kini dan masa depan," kata Tutuka dalam keterangan resmi, Kamis (8/7).

Upaya menekan emisi gas rumah kaca salah satunya melalui penggunaan BBM ramah lingkungan, untuk itu diperlukan kerja sama berbagai pihak. Antara lain, Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan.

Simak perbandingan harga bahan bakar minyak yang dijual di Indonesia pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...