Akuisisi MCTN Rp 646 Miliar, PLN Siap Pasok Listrik untuk Blok Rokan

Image title
9 Agustus 2021, 17:00
blok rokan, pln, listrik, pembangkit listrik, chevron, pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN

Bersamaan dengan alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), PLN menyatakan kesiapannya dalam memasok listrik untuk wilayah kerja (WK) migas ini.

PLN telah mengakuisisi PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) dari Chevron Standard Limited. MCTN merupakan pemilik pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) North Duri yang berteknologi cogeneration (cogen) berkapasitas 300 megawatt (MW).

"Akuisisi MCTN US$ 45 juta (Rp 646 miliar)," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, kepada Katadata.co.id, Senin (9/8). Sebelumnya PLN sempat merahasiakan nilai akuisisi perusahaan pemiliki pembangkit listrik Blok Rokan ini.

Sementara Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan bahwa dalam melayani kebutuhan listrik dan uap Blok Rokan akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu masa transisi dan masa permanen.

Pada masa transisi, PLN memanfaatkan pembangkit listrik eksisting milik MCTN, PLTG North Duri yang akan didukung didukung PLTG Minas dan Central Duri yang berkapasitas 130 MW selama 3 tahun.

"Jangka pendek kami gunakan listrik dari pembangkit yang selama ini sudah pasok listrik ke Rokan. Dalam tiga tahun itu kami akan menyiapkan jaringan listrik untuk menghubungkan WK Rokan dengan sistem kelistrikan Sumatera," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis.

Simak produksi minyak Blok Rokan pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...