Pemerintah Dinilai Turut Andil Atas Mandeknya Proyek Kilang Pertamina

Image title
22 November 2021, 19:18
kilang pertamina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang petugas melintas di area Refinery Unit V Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur.

Pemerintah dinilai turut andil atas terhambatnya pembangunan proyek kilang Pertamina lantaran arah kebijakan sektor energi yang tidak konsisten. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro.

Dia menilai permasalahan utamanya dalam proyek kilang terletak pada masalah konsistensi pemerintah. Arah kebijakan energi pemerintah menurut dia tidak stabil.

"Sebagai contoh belakangan ini mendorong untuk menggenjot transisi EBT dan akan meninggalkan energi fosil. Saya kira ini juga menjadi faktor penghambat," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (12/11).

Menurut dia, dengan dorongan tersebut, maka sudah pasti investor akan berpikir ulang dalam berinvestasi pada proyek kilang dan mengkalkulasikan risikonya. "Jangan sampai sudah terlanjur investasi kebijakannya justru berubah dan tidak lagi memakai BBM," katanya.

Selain itu, bisnis kilang keuntungannya juga tidak sebesar di hulu migas. Sehingga umumnya memerlukan insentif baik fiskal maupun non fiskal. Dalam hal ini seringkali keberatan ada pada Kementerian Keuangan karena target penerimaan dapat tidak tercapai.

Seperti diketahui, kekesalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap lambatnya progres pembangunan kilang minyak Pertamina sudah tak terbendung. Bahkan Jokowi mengaku pernah membentak Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati lantaran dinilai lambat dalam mengeksekusi proyek-proyek migas.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...