PGN Kerja Sama dengan Jateng Petro Kembangkan Pasar Gas Jawa Tengah

Image title
3 Desember 2021, 14:14
pgn, jateng petro energi, bumd, jawa tengah,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.

PGN selaku Subholding Gas Pertamina melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) kerja sama dengan badan usaha milik daerah (BUMD) Jawa Tengah, PT Jateng Petro Energi (Perseroda), untuk pengembangan pasar gas bumi.

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengatakan pihaknya terus melakukan upaya penyiapan infrastruktur penyaluran gas bumi sebagai tonggak pemenuhan kebutuhan energi di Jawa Tengah. PGN telah mempersiapkan jaringan gas pipa untuk memasok gas bumi sampai di lokasi pelanggan.

"Kerja sama ini penting untuk pelaksanaan research and development terkait teknologi dan infrastruktur yang akan kita gunakan dalam penyediaan gas serta utilisasi gas bumi, baik untuk pelanggan industri, komersial, dan rumah tangga di Jawa Tengah," ujar Haryo dalam keterangan tertulis, Jumat (3/12).

Sebagai turunannya, PGN telah menyiapkan CNG dan LNG dengan moda beyond pipeline untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri, komersial, dan rumah tangga PGN di Jawa Tengah. Saat ini PGN telah melayani 13.961 pelanggan rumah tangga yang tersebar di Kota Semarang dan Blora.

Bersama JPEN, kerja sama tersebut diharapkan dapat menjangkau potensi pelanggan jargas rumah tangga sekitar 31.800 SR yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Klaten, Kota Solo, dan DI Yogyakarta.

Selain itu, untuk memenuhi dan mendorong pemanfaatan gas bumi di wilayah baru di Jawa Tengah, PGN akan menyediakan infrastruktur gas bumi melalui perluasan kapasitas SPBG sebagai CNG Hub dan jaringan pemasaran gas bumi.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...