Kejar Target 1 Juta Barel, SKK Migas Genjot Migas Nonkonvensional

Image title
22 Desember 2021, 12:09
skk migas, migas nonkonvensional, 1 juta barel
123RF.com/sergeiminsk
Ilustrasi lifting migas.

SKK Migas bakal memanfaatkan potensi blok migas nonkonvensional (MNK) untuk mengejar target produksi minyak 1 juta barel pada 2030. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi MNK yang cukup besar namun belum dimanfaatkan.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya akan memasukkan MNK di Indonesia untuk turut berkontrbusi dalam pencapaian target 1 juta barel. Sehingga, target nasional ini masih tetap menjadi fokus yang akan tetap dikejar lemabaga di sektor hulu tersebut.

"Jadi 1 juta bph ini tetap kami posisikan (tercapai) pada 2030. Hanya saja sumbernya dari mana ini ada perubahan di perjalanannya. Kami sudah masukkan strategi baru dengan melibatkan MNK," kata Dwi dalam Energy Corner, Rabu (22/12).

Dwi menjelaskan, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini memang telah memukul pencapaian target produksi di sektor hulu migas. Setidaknya terdapat 30.000 barel per hari minyak susut akibat kondisi tersebut.

Sehingga kehadiran investor untuk mendukung capaian target produksi sangat dibutuhkan. Namun, guna mendukung peningkatan produksi, Dwi memastikan akan terus menggenjot kegiatan pengeboran sumur pengembangan di tahun depan.

Pada 2022 mendatang misalnya, SKK Migas menargetkan pengeboran sumur pengembangan dapat mencapai 900 sumur. Pasalnya, untuk mencapai target 1 juta barel, paling tidak harus ada investasi untuk kegiatan pengeboran 1000 sumur per tahunnya.

"Kemarin kami agak sangat pesimis dengan sumber daya konvensional, lihat MNK mulai tinggi maka kami juga menjadi optimis," katanya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...