PGN Gaet Perusahaan LNG Korsel Kembangkan Bisnis Energi Bersih

Happy Fajrian
24 Februari 2022, 14:28
pgn, hidrogen, lng, korea selatan, energi bersih
dok. PGN
Ilustrasi.

PGN menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan LNG asal Korea Selatan, SK E&S Co Ltd, dalam rangka pengembangan bisnis energi bersihsekaligus upaya menekan emisi karbon melalui pengembangan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS).

Kerja sama pengembangan energi bersih khususnya terkait bisnis gas alam cair (liquid natural gas/LNG), hidrogen, dan CCS. MoU ditandatangani oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dan Vice President SK E&S Co Ltd Ho Sik Lee di Jakarta, Selasa (22/2).

CEO Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk M Haryo Yunianto menjelaskan PGN dan SK E&S akan menyusun kajian bersama terkait potensi kerja sama pengembangan hidrogen dan CCS di Indonesia.

Selain itu, PGN dan SK E&S juga bersama-sama mencari peluang pengembangan bisnis gas di Indonesia dan Korea termasuk melakukan LNG trading.

"SK E&S memiliki pengalaman pada pengembangan hidrogen maupun CCS. Dengan MoU ini, diharapkan PGN dan SK E&S dapat saling bertukar informasi dan berkomunikasi lebih efisien, sehingga dapat menerapkan teknologi yang tepat untuk mengurangi emisi karbon pada utilisasi gas bumi," ujar Haryo dalam keterangan tertulis, Kamis (24/2).

SK E&S adalah perusahaan yang memiliki fokus di bidang listrik, LNG, energi terbarukan, energi komunal, gas kota, berbagai bisnis energi di luar negeri, dan pengembangan bisnis hidrogen dan CCS.

CCS atau penangkapan dan penyimpanan karbon termasuk kegiatan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca yang meliputi pemisahan dan penangkapan emisi karbon atau CO2.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...