Harga Batu Bara Industri US$90 per Ton Dinilai Sudah Ideal

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Maret 2022, 15:26
harga batu bara khusus industri
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Sebuah truk pengangkut batu bara melintasi jalan tambang batu bara di Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (7/7/2021).

Kementerian ESDM menetapkan kebijakan harga batu bara untuk sektor industri sebesar US$ 90 per ton yang berlaku mulai 1 April 2022. Hal itu diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 58.K/HK.02/MEM.B/2022 tentang Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/Bahan Bakar Industri di Dalam Negeri.

Berdasarkan Kepmen tersebut, penetapan ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian pemenuhan kebutuhan batu bara sebagai bahan bakar industri di dalam negeri. Namun harga US$ 90 per ton dipastikan tak berlaku untuk industri pengolahan dan pemurnian mineral logam atau smelter.

Advertisement

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah, menilai ketentuan ini merupakan kebijakan yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki perekonomian nasional.

"Dengan adanya Kepmen tersebut, sejumlah industri yang membutuhkan batu bara seperti pupuk, semen, dan listrik dapat terbantu dengan stok batu bara yang lebih murah dari harga pasar internasional yang menyentuh US$ 252,05 per ton," ujarnya kepada Katadata.co.id, .

Menurut Kepmen ESDM Nomor 58.K/HK.02/MEM.B/2022, para pengusaha tambang wajib memenuhi lebih dulu kebutuhan batu bara dalam negeri sebesar 25% dari rencana produksinya.

Produsen batu bara juga diwajibkan untuk menaati harga jual kepada perusahan/industri dalam negeri yang membutuhkan pasokan batu bara maksimal US$ 90 ton, sedangkan khusus sektor pembangkitan listrik atau PLN US$ 70 per ton.

“Kenapa harus diwajibkan? Karena harga batu bara sedang naik tinggi. Kalau tidak ada kewajiban DMO maka para pergusaha batu bara akan memilih untuk menjualnya ke luar negeri. Industri yang membutuhkan batu bara di dalam negeri seperti utamanya itu listrik PLN, industri semen itu akan kekeurangan batu bara,” kata Piter.

Piter menambahkan, harga DMO batu bara sejumlah US$ 90 per ton merupakan harga yang pantas dan ideal. Tak terlalu mahal, tak terlalu murah. “Pemerintah sudah bijak. Kalau harga DMO-nya US$ 70 atau US$ 60 kayak dulu, yang dirugikan adalah mereka penambang batu bara. Jadi ini jalan tengah,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement