Harga Batu Bara RI April Sentuh US$ 288 Terdampak Perang Rusia-Ukraina

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2022, 11:59
harga batu bara, batu bara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Harga batu bara acuan (HBA) Indonesia menyentuh rekor tertinggi baru di level US$ 288,04 per ton terdampak sanksi energi Rusia atas invasi ke Ukraina.

Harga Batu bara Acuan (HBA) bulan April 2022 melonjak di level US$ 288,40 per ton usai Amerika Serikat (AS) dan North Atlantic Treaty Organization (NATO) melakukan embargo terhadap pasokan energi dari Rusia.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, mengatakan sanksi embargo energi merupakan buntut dari masih memanasnya konflik Rusia-Ukraina.

“Harga komoditas batu bara global pun ikut terpengaruh sehingga HBA di bulan ini melonjak siginifikan hingga 41,5% dari bulan Maret 2022 sebesar US$ 203,69 per ton," kata Agung dalam keterangan tertulis pada Selasa (5/4).

Pulihnya aktivitas perekonomian, selepas pandemi Covid-19 di sejumlah negara juga turut mendongkrak tingginya permintaan batubara global. "Konsumsi listrik Tiongkok yang tinggi patut diperhitungkan sebagai faktor utama ketetapan HBA," sambung Agung.

Selama empat bulan terakhir, grafik HBA terus menanjak mengikuti tren harga batu bara dunia. Dimulai dari Januari 2022 sebesar US$ 158,50 per ton, naik ke US$ 188,38 per ton pada Februari. Selanjutnya Maret menyentuh US$ 203,69 per ton. Simak perkembangan harga batu bara dunia pada databoks berikut:

"HBA April akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...