India Minta Rusia Diskon Harga Minyak Lebih Besar Pasca-sanksi UE

Happy Fajrian
5 Mei 2022, 12:58
minyak, india, harga minyak, rusia, uni eropa
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi kilang minyak.

India meminta diskon harga minyak yang lebih besar kepada Rusia jika ingin terus melakukan pembelian setelah Uni Eropa (UE) mengumumkan rencananya untuk melarang impor minyak dari negara tersebut secara bertahap.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, India meminta Rusia menjual minyaknya di harga US$ 70 per barel atau diskon US$ 40 dari harganya saat ini di kisaran US$ 110 per barel.

Diskon ini sebagai kompensasi atas rintangan tambahan pembelian minyak seperti mencari pembiayaan, asuransi, hingga menyewa kapal tanker, juga risiko diplomatik yang semakin besar di tengah meningkatnya sanksi negara barat terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina.

Sebelumnya Presiden Amerika Joe Biden juga telah memperingatkan Perdana Menteri India Narendra Modi bahwa berlanjutnya pembelian minyak Rusia bisa membawa konsekuensi. “Membeli minyak Rusia bukan kepentingan negara Anda,” kata Biden mengancam Modi.

Namun bagi India, keputusan untuk tetap netral dalam perang Rusia-Ukraina tak semata untuk menjaga agar pilihannya tetap terbuka di dunia dengan banyak pusat kekuasaan, tetapi juga membuka kesempatan ekonomi yang menguntungkan, salah satunya diskon besar harga minyak.

Sejak konflik Rusia-Ukraina dimulai, pembelian minyak rusia meningkat dari nol pada Desember 2021 dan Januari 2022 menjadi sekitar 300.000 barel per hari (bph) pada Maret dan melonjak menjadi 700.000 bph pada April.

Minyak mentah sekarang menyumbang hampir 17% dari total impor negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa ini. Sebelum invasi, impor minyak mentah hanya berkontribusi kurang dari 1% dari total impor. Tahun lalu India mengimpor rata-rata sekitar 33.000 bph minyak dari Rusia.

Kini dengan Amerika dan Eropa melarang pembelian minyak Rusia, India dapat membeli minyak dengan diskon besar untuk menggerakkan perekonomiannya yang membutuhkan konsumsi energi dalam jumlah besar dngan biaya yang lebih murah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...