Penggunaan Ponsel di SPBU Berbahaya, Bagaimana Cara Pakai MyPertamina?

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Juni 2022, 18:30
bbm bersubsidi, spbu, pertamina, mypertamina
ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU 24.351.126 Jalan Pangeran Antasari, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (19/4/2022).

Pemerintah akan mengujicoba pembatasan pembelian BBM bersubsidi Solar dan Pertalite di SPBU menggunakan aplikasi MyPertamina mulai Agustus 2022. Akan tetapi, penerapan aplikasi ini dinilai bertolakbelakang dengan aturan yang melarang penggunaan ponsel di area SPBU.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra, mengatakan pihaknya telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur penggunaan ponsel saat konsumen melakukan pengisian BBM bersubsidi lewat aplikasi MyPertamina.

Adapun SOP tersebut merupakan rekomendasi dari Tim Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) Pertamina.

Ega menjelaskan, para pelanggan yang ingin membeli BBM jenis Solar dan Subsidi harus mendaftar ke aplikasi MyPertamina. Di sana, para calon penerima BBM bersubsidi akan mengisi data diri berupa nomor telepon dan nomor kendaraan yang sesuai dengan kendaraan yang didaftarkan.

Setelah dinyatakan lolos verifikasi sebagai penerima hak BBM bersubsidi, para pelanggan akan menggunakan ponsel untuk memindai QR Code untuk bisa membeli BBM.

"Ternyata untuk transaksi yang menggunakan QR Code itu tidak menggunakan cahaya Flash dan tidak menggunakan sinyal yang voice. Itu relatif aman untuk jarak tertentu," kata Ega dalam Energy Corner, Senin (13/6).

Lebih lanjut, ujar Ega, nantinya para pelanggan akan melakukan pemindaian QR Code di mesin yang diletakkan jauh dari dispenser SPBU. Adapun alat pemindaian tersebut mirip-mirip dengan alat EDC yang kerap digunakan sebagai layanan transaksi non-tunai.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...