Harga Minyak Anjlok, Citi Prediksi Bisa Sentuh US$ 65 pada Akhir Tahun

Happy Fajrian
6 Juli 2022, 13:53
harga minyak, citi
KATADATA
Harga minyak diramal sentuh US$ 65 per barel pada akhir 2022 dan US$ 45 per barel pada akhir 2023.

Harga minyak mentah dunia turun tajam pada Rabu (6/7) di tengah meningkatnya kekhawatiran terjadinya resesi ekonomi global. Ekonom Citi memperkirakan harga minyak dapat turun lebih signifikan sampai akhir tahun ini dipengaruhi beberapa faktor.

“Harga minyak mentah bisa jatuh ke US$ 65 per barel pada akhir tahun ini dan merosot ke US$ 45 pada akhir tahun 2023 jika terjadi resesi yang akan melumpuhkan permintaan energi,” kata analis Citi Francesco Martoccia dan Ed Morse, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (6/7).

Adapun prospek turunnya harga minyak lebih dalam lagi didasarkan pada tidak adanya intervensi oleh negara-negara produsen yang tergabung dalam OPEC dan sekutunya, atau OPEC+, serta turunnya investasi di sektor ini.

Harga minyak acuan dunia, Brent, turun mendekati US$ 100 per barel pagi ini, tepatnya di level US$ 103,2. Padahal kemarin Brent masih berada di level US$ 114. Bahkan pekan lalu Brent sempat menyentuh US$ 120 per barel.

Sementara minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) kini turun di bawah US$ 100 per barel, tepatnya US$ 99,81. Pekan lalu WTI sempat mencapai US$ 113 per barel.

Harga minyak telah melonjak signifikan sepanjang tahun ini seiring mulai pulihnya perekonomian yang memacu permintaan barang dan jasa yang meningkatkan inflasi, serta melonjaknya permintaan energi di saat produksi minyak global belum kembali ke kapasitas penuhnya.

Di sisi lain, kondisi geopolitik menciptakan disrupsi terhadap pasokan yang sudah ketat. Seperti perang Rusia-Ukraina yang membuat negara Barat menjatuhkan sanksi terhadap pasokan energi Rusia, serta sanksi Amerika terhadap minyak Iran dan Venezuela.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...