Optimalisasi Lapangan Tua, Produksi Migas Blok Mahakam Lampaui Target

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Juli 2022, 20:38
blok mahakam, pertamina, produksi migas, produksi gas, produksi minyak
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara.

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mencatat produksi minyak 26,819 barel per hari (bph) dan produksi gas bumi 551,2 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada kuartal II tahun ini. Capaian tersebut melebihi target dalam Work Program & Budget (WP&B) oleh SKK Migas.

General Manager PHM, Krisna menyampaikan bahwa pencapaian produksi tersebut merupakan salah satu keberhasilan PHM dalam menahan laju penurunan produksi alamiah yang tinggi dan mempertahankan tingkat produksi pada lapangan-lapangan migas yang sudah tua.

Advertisement

“Selama beberapa tahun terakhir, kami berhasil menahan laju penurunan produksi alamiah yang tinggi dan mempertahankan tingkat produksi pada lapangan-lapangan migas yang sudah tua,” kata Krisna dalam keterangan pers pada Kamis (7/7).

Krisna menambahkan, PHH terus berupaya untuk menerapkan praktik engineering terbaik dalam memelihara dan meningkatkan kehandalan fasilitas operasi dan produksi migas yang sudah berumur puluhan tahun.

Selain itu, Krisna memaparkan bahwa pemberian insentif dari Pemerintah Indonesia di awal tahun 2021 telah membuka peluang bagi PHM untuk melanjutkan program kerja pengembangan WK Mahakam secara lebih ekstensif termasuk program eksplorasi sumur baru.

Dalam upaya menahan laju penurunan produksi dan mendukung pencapaian taregt produksi migas nasional, PHM merencanakan pemboran 97 sumur pengembangan dan 2 sumur eksplorasi.

“Kami berhasil merealisasi sumur tajak pada triwulan pertama tahun ini sebanyak 24 sumur. Target pengeboran ini diharapkan mampu mendorong tambahan produksi rata-rata tahunan di tahun 2022 sebesar 3.951 BOPD untuk minyak dan 133 MMSCFD untuk gas,” sambung Krisna.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement