Usai Bertemu Biden, Pangeran Arab Saudi Telepon Putin Bahas Minyak

Happy Fajrian
22 Juli 2022, 17:03
arab saudi, vladimir putin, joe biden, rusia, amerika serikat, harga minyak, produksi minyak
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (21/7) menelpon Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud mendiskusikan minyak.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud pada Kamis (21/7) berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon. Menurut seorang sumber, Arab Saudi berkonsultasi dengan Rusia sebelum mendorong kenaikan produksi minyak.

Arab Saudi disebut ingin mempertahankan Rusia dalam OPEC+ untuk meningkatkan pengaruhnya di pasar minyak dunia. Dengan terus menjadi bagian dari OPEC+ Rusia juga akan diuntungkan di tengah upaya negara Barat mencekal perekonomiannya dengan berbagai sanksi atas perang di Ukraina.

“Situasi saat ini di pasar minyak dunia dipertimbangkan secara rinci. Pentingnya koordinasi lebih lanjut dalam kerangka OPEC+ ditekankan,” tulis pernyataan Kremlin seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/7).

“Negara-negara yang berpartisipasi dalam format ini (OPEC+) secara konsisten memenuhi kewajiban mereka dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas yang diperlukan di pasar energi global,” tegas Kremlin.

Percakapan dua pemimpin negara produsen minyak utama dunia ini terjadi hanya enam hari berselang setelah kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Arab Saudi pada akhir pekan lalu. Biden menekankan peran penting Arab Saudi dalam mengatasi krisis energi dunia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...