Terjadi Antrian Panjang Pertalite, Pertamina: Pasokan ke SPBU Normal

Happy Fajrian
11 Agustus 2022, 14:00
pertalite, bbm, pertamina, spbu,
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Sejumlah kendaraan antre mengisi BBM jenis Pertalite dan Pertamax di salah satu SPBU, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/8/2022).

Beberapa hari terakhir pengendara motor dan mobil harus mengantri cukup panjang untuk membeli Pertalite di SPBU Pertamina. Menurut pengamatan Katadata.co.id, antrian terjadi di sejumlah SPBU di kota Bekasi, Jakarta, dan juga Bogor.

Selain itu beberapa SPBU juga mengalami kekosongan pasokan Pertalite. Ketika dikonfirmasi Sektetaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting, mengatakan pasokan BBM jenis Pertalite ke SPBU masih normal.

Advertisement

“Pasokan Pertalite ke SPBU tetap. Tidak ada pengurangan dalam penyaluran. Ketahanan pasokan Pertalite hingga 18 hari,” kata Irto melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Kamis (11/8).

Meski demikian, Irto menyampaikan bahwa saat ini kuota Pertalite dan Solar bersubsidi semakin menipis. Hingga Juli Pertamina telah menyalurkan 16,8 juta kilo liter (kl) Pertalite atau sekitar 73% dari total kuota 23,05 juta kl. Jadi hanya tersisa 6,25 juta kl untuk konsumsi hingga akhir tahun.

Sedangkan solar bersubsidi, Pertamina sudah menyalurkan 9,9 juta kl dari total kuota 14,9 juta kl atau 66,4%. Sisanya 5 juta kl diharapkan dapat mencukupi untuk konsumsi hingga akhir tahun.

Seperti diketahui pemerintah berniat untuk membatasi distribusi Pertalite hanya kepada orang yang berhak agar subsidi energi dapat lebih tepat sasaran. Saat ini pemerintah masih membuka pendaftaran bagi pengendara mobil melalui laman https://subsiditepat.mypertamina.id/, aplikasi MyPertamina, maupun mendaftar langsung di SPBU.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement