Negara Asia Borong Minyak Mentah AS yang Sempat Turun di Bawah US$ 90

Happy Fajrian
12 Agustus 2022, 15:46
minyak mentah amerika, west texas intermediate, harga minyak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi pengeboran minyak mentah.

Negara Asia membeli sejumlah besar minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI), seiring harganya yang turun hingga di bawah US$ 90 per barel.

Mengutip laporan Bloomberg, sejauh ini perusahaan pengolahan minyak asal Korea Selatan (Korsel) dan India telah memborong sekitar 16 juta barel minyak mentah AS sepanjang bulan ini untuk pengiriman November 2022.

Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan periode yang sama pada Juli dan hanya sedikit di bawah rata-rata volume pembelian dalam lima bulan terakhir.

Harga minyak mentah WTI sepanjang pekan ini bergerak di kisaran US$ 87,22 per barel hingga US$ 95,05 per barel. Sedangkan hari ini WTI berada di level US$ 94,36 per barel.

Melonjaknya permintaan minyak mentah AS mengancam prospek permintaan minyak mentah Timur Tengah. Arab Saudi mengisyaratkan kepercayaannya pada prospek permintaan awal bulan ini setelah menaikkan harga minyak mentah untuk pasar Asia ke rekor tertingginya.

Meski demikian Arab Saudi juga mematok harga yang lebih rendah untuk beberapa jenis minyaknya agar tetap kompetitif dan mengantisipasi turunnya permintaan, beralih ke jenis minyak yang lebih murah seperti WTI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...