Cara Beli BBM Bersubsidi Setelah Mendaftar Subsidi Tepat MyPertamina

Happy Fajrian
2 September 2022, 19:05
mypertamina, bbm bersubsidi, pertalite, solar,
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Petugas Pertamina menyosialisasikan aktivasi pendaftaran pembelian BBM bersubsidi kepada pengendara di SPBU Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).

Pemerintah berencana membatasi distribusi BBM bersubsidi, salah satunya menggunakan aplikasi digital MyPertamina. Menurut data Pertamina, lebih dari satu juta kendaaraan telah mendaftar pada Program Subsidi Tepat untuk bisa membeli Pertalite atau Solar Subsidi.

Pertamina telah membuka pendaftaran sejak 1 Juli 2022 melalui laman subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina di ponsel pintar atau smartphone, atau mendaftar langsung di SPBU. Mengutip laman mypertamina.id, program ini merupakan upaya agar penyaluran subsidi BBM lebih tepat sasaran.

Advertisement

Penerima Subsidi Tepat MyPertamina diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Saat ini aturan tersebut hanya mengatur distribusi solar subsidi, sedangkan untuk Pertalite akan diatur dalam revisi.

Direktur Bahan Bakar Minyak BPH Migas, Patuan Alfon, mengatakan bahwa saat ini revisi Perpres 191/2014 sudah berada di meja Presiden Joko Widodo untuk disetujui. Salah satu poin utama revisi yaitu penyesuian konsumen pengguna.

Khususnya pada aturan yang lebih ketat mengatur kriteria calon penerima Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite dan Jenis BBM tertentu (JBT) Solar. “Penyesuaian konsumen pengguna yang akan diatur sudah clear,” kata Alfon beberapa waktu lalu, Selasa (30/8).

Lalu, bagaimana cara membeli BBM bersubsidi setelah konsumen mendaftarkan data diri dan kendaraannya dalam program Subsidi Tepat MyPertamina?

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement