ESDM akan Tawarkan Delapan WK Migas pada Lelang Tahap II 2022

Muhamad Fajar Riyandanu
21 September 2022, 19:12
lelang wk migas, lelang wilayah kerja migas, blok migas, kementerian esdm
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Kementerian ESDM akan mengumumkan penawaran atau lelang wilayah kerja migas (WK migas) putaran kedua tahun 2022 untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi.

Pada lelang tahap kedua ini pemerintah akan menawarkan 5 Wilayah Kerja (WK) migas untuk penawaran langsung, 1 WK penawaran langsung di Blok Paus, 1 WK lelang reguler dan 1 WK penawaran langsung di Blok West Kampar.

Advertisement

Lima kandidat penawaran langsung yakni Blok Barakuda, Blok Jabung Tengah, Blok Sangkar, Blok Bunga dan Blok Peri Mahakam. Kemudian untuk 1 WK lelang reguler berada di WK Bose.

Blok Barakuda memiliki sumber daya 227.47 juta barel setara minyak (mmboe) dan 1,633.38 billions of standard cubic feet of gas (BSCF). Blok Bungan memiliki sumber daya 1,308 mmboe, Blok Peri Mahakam 1,368 mmboe, Blok Paus 2,5 Triliun Cubic Feet (TFC) gas, serta Blok Kampar Barat 130 mmboe.

Blok Jabung Tengah dan Blok Sangkar masih dalam tahap evaluasi. "Untuk lebih meningkatkan produksi migas, kami akan mengumumkan penawaran minyak Indonesia putaran kedua tahun 2022," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam sambutannya di IPA Convex 2022, Rabu (21/9).

Lebih lanjut, Arifin mengatakan potensi investasi hulu migas Indonesia masih sangat besar. Indonesia memiliki 70 cekungan potensial yang belum dijelajahi untuk ditawarkan kepada investor. "Kami akan mempercepat eksplorasi di 5 wilayah kerja Indonesia Timur, yaitu Buton, Timor, Seram, Aru-Arafura dan West Papua Onshore," tukas Arifin.

Sebelumnya pemerintah telah menawarkan 6 WK Migas pada lelang WK Migas konvensional tahap I tahun 2022, terdiri dari satu WK eksploitasi dan dua WK eksplorasi dengan mekanisme penawaran langsung, serta tiga WK eksplorasi dengan mekanisme lelang reguler.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement