Putin Sebut AS Diuntungkan dari Insiden Bocornya Pipa Nord Stream

Happy Fajrian
3 Oktober 2022, 13:27
nord stream, rusia, vladimir putin, eropa, amerika serikat, lng
nypost.com
Gelembung gas dari kebocoran pipa Nord Stream 2 di Laut Baltik. Eropa menyelidiki penyebab kebocoran pipa gas Nord Stream 1 dan 2, termasuk kemungkinan adanya sabotase.

Kebocoran besar tiba-tiba muncul di jalur pipa gas Nord Stream yang mengalir dari Rusia ke Eropa di bawah Laut Baltik. Sejauh ini, pemerintah dan pejabat Barat telah menghindari menunjuk jari secara langsung, sementara Rusia terang-terangan menyalahkan Barat.

Negara-negara Uni Eropa mengatakan mereka yakin kerusakan itu disebabkan oleh sabotase tetapi tidak menyebutkan siapa pun. Fatih Birol, kepala Badan Energi Internasional, mengatakan bahwa sangat jelas siapa yang berada di baliknya kebocoran tiba-tiba pipa Nord Stream, tetapi tidak mengatakan siapa itu.

Kremlin mengatakan tuduhan bahwa Rusia bertanggung jawab atas kebocoran ini adalah bodoh dan pejabat Rusia mengatakan Washington memiliki motif karena ingin menjual lebih banyak gas alam cair (LNG) ke Eropa.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Amerika dan sekutunya meledakkan Nord Stream. “Sanksi tidak cukup untuk negara barat, kini mereka memilih ke sabotase,” katanya seperti dikutip dari Reuters pada Senin (3/10).

Dalam komentar sebelumnya, Gedung Putih telah menolak tuduhan bahwa mereka bertanggung jawab. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat kerusakan pada Nord Stream adalah tindakan sabotase yang disengaja.

Kepala Angkatan Laut Jerman Jan Christian Kaack mengatakan kepada harian Jerman Die Welt pada hari ketika kebocoran ditemukan. “Rusia juga telah membangun kapasitas yang cukup besar di bawah air. Di dasar Laut Baltik, tetapi juga di Atlantik, ada sedikit infrastruktur penting seperti jaringan pipa atau kabel bawah laut untuk TI,” kata dia.

Di samping Nord Stream, pipa baru telah dibangun antara penghasil gas Norwegia dan Polandia, yang telah berusaha untuk mengakhiri ketergantungannya pada energi Rusia, membuat kawasan itu sangat sensitif terhadap keamanan energi Eropa.

“(Rusia) dapat mengintimidasi orang Eropa melalui tindakan sabotase. Karena jika mereka mampu meledakkan pipa-pipa ini di dasar laut Baltik, mereka juga bisa melakukannya pada pipa baru itu,” kata Kristine Berzina, rekan senior untuk keamanan dan pertahanan di German Marshall Fund.

Namun, jika itu adalah tindakan sabotase, itu telah merusak jaringan pipa yang dibangun oleh Gazprom yang dikendalikan Kremlin dan mitra Eropanya dengan biaya yang mencapai miliaran dolar.

“Kerusakan itu juga berarti Rusia kehilangan elemen pengaruh yang masih dimilikinya atas Eropa, yang telah berlomba untuk menemukan pasokan gas lain untuk musim dingin. Bahkan jika jaringan pipa Nord Stream tidak memompa gas ketika kebocoran ditemukan,” kata para analis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...