AS Tambah Lagi Bantuan Persenjataan ke Ukraina Senilai Rp 11,2 Triliun

Happy Fajrian
15 Oktober 2022, 22:04
ukraina, rusia, perang rusia ukraina, amerika, senjata
Press service of the Joint Forces of the South Defence/Handout via REUTERS
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api akibat serangan rudal ke Pelabuhan Odesa, Ukraina, Sabtu (23/7).

Amerika Serikat (AS) akan mengirim paket senjata tambahan senilai US$ 725 juta atau sekitar Rp 11,2 triliun dan bantuan militer lainnya ke Ukraina. Uni Eropa juga mengumumkan bantuan tambahan untuk Ukraina yang tengah menghadapi serangan rudal Rusia di Kyiv dan target lainnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat (14/10) bahwa bantuan tersebut diberikan setelah serangan rudal brutal Rusia terhadap warga sipil di seluruh Ukraina, dan bukti yang meningkat dari kekejaman oleh pasukan Rusia.

Advertisement

“Ketika pembela Ukraina mendorong kembali pasukan Rusia, AS bersatu dengan Ukraina,” kata Blinken kemudian dalam sebuah tweet yang dikutip oleh Al Jazeera pada Sabtu (15/10).

Paket militer terbaru Washington mencakup lebih banyak amunisi untuk HIMARS (Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi). “Total bantuan militer AS ke Ukraina hingga saat ini telah mencapai US$ 18,3 miliar (Rp 283 triliun) sejak awal pemerintahan Joe Biden,” kata Departemen Pertahanan AS.

AS telah mengirim 20 HIMARS ke Ukraina dan telah menjanjikan 18 lagi yang akan dikirimkan di tahun-tahun mendatang. HIMARS telah terbukti menjadi senjata penting yang telah meningkatkan kemampuan Ukraina untuk menyerang depot amunisi, jembatan, dan target utama lainnya yang mengikis kemampuan Rusia untuk memasok pasukan.

Para pejabat mengatakan paket baru AS sebagian besar ditujukan untuk mengisi kembali ribuan amunisi untuk sistem senjata yang telah berhasil digunakan Ukraina dalam serangan balasannya terhadap Rusia, saat perang memasuki bulan kedelapan.

Kebutuhan mendesak Ukraina terus menjadi pertahanan udara tambahan, kata Departemen Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement