Pertamina Bor 96 Sumur di Blok Mahakam, Pacu Produksi Minyak 3.951 BPH

Happy Fajrian
8 November 2022, 10:02
blok mahakam, pertamina, migas, produksi migas
Pertamina Hulu Mahakam
Pertamina dorong produksi Blok Mahakam dengan mengebor 95 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi tahun ini.

Pertamina Hulu Mahakam terus berupaya untuk mempertahankan produksi serta menahan laju penurunan produksi alamiah pada lapangan-lapangan migas yang sudah matang di Blok Mahakam. Tahun ini PHM menargetkan mengebor 95 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi.

General Manager PHM Krisna mengatakan target pengeboran ini diharapkan mampu mendorong tambahan produksi rata-rata tahunan pada 2022 sebesar 3.951 barel per hari untuk minyak dan 133 mmscfd untuk gas.

Dia juga mengatakan PHM menerapkan berbagai inovasi dan dan aplikasi teknologi guna meningkatkan recovery rate dari sumur-sumur migas yang ada sehingga dapat terus menghasilkan energi yang selamat, andal, patuh, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Kami terus berupaya menahan laju penurunan produksi alamiah dengan menerapkan praktik-praktik engineering terbaik dalam operasi produksi, drilling, well intervention/well connection, maintenance/inspection works,” kata Krisna melalui siaran pers, dikutip Selasa (8/11).

Langkah-langkah strategis tersebut juga dilakukan untuk memenuhi target WP&B 2022 yang diberikan oleh SKK Migas yaitu untuk capaian produksi gas 550 mmscfd dan produksi minyak 19,5 Kbbld.

Menurutnya, pemberian insentif dari Pemerintah Indonesia di awal tahun 2021 telah membuka peluang bagi PHM untuk melanjutkan program kerja pengembangan WK Mahakam secara ekstensif termasuk program eksplorasi sumur-sumur baru.

Kenaikan produksi PHM tentunya tidak lepas dari kontribusi proyek Jumelai, North Sisi, North Nubi (JSN) yang on stream pada 20 Mei 2022 silam. Adapun produksi gas dari proyek ini diperkirakan sebesar 45 mmscfd dan kondensat 710 barel kondensat per hari.

Terkait hal ini, Krisna menjelaskan bahwa produksi yang cukup besar dari Lapangan Jumelai menjadi salah satu penopang kebutuhan migas nasional saat ini dan masa mendatang sekaligus menjadi penggerak roda perekonomian Indonesia, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...