Pemerintah akan Lawan Jika Larangan Ekspor Bauksit juga Digugat di WTO

Nadya Zahira
2 Januari 2023, 17:31
bauksit, larangan ekspor bauksit, wto
123RF
Foto Ilustrasi Bauksit.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menghentikan ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023. Menanggapi hal ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan Indonesia siap menghadapi bila ada negara yang menggugat kebijakan ke World Trade Organization atau WTO.

“Kalau digugat lagi ya tidak apa-apa, kita ada pengalaman seperti nikel,” ujar Zulhas dalam acara Konferensi Pers Awal Tahun, di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, (2/1).

Zulhas mengatakan, adanya larangan ekspor bauksit ini bertujuan agar sumber daya alam yang dimiliki di Indonesia dapat diolah menjadi barang jadi yang bernilai lebih tinggi. Tak hanya itu, jika kedepannya Indonesia kekurangan bahan baku bauksit, masih ada opsi impor yang bisa dilakukan.

“Bahkan kita berharap kalau kita kurang pun kita yang impor, masa kita jual tanah air terus, sekali-kali kita yang beli tanah air orang untuk kita olah. Agar apa? Agar bauksit dan nikel bisa menjadi satu kesatuan, sehingga nanti kita punya ekosistem untuk mengembangkan energi bersih listrik,” ujarnya.

Dengan demikian, dia berharap kedepannya Indonesia bisa memproduksi kendaraan motor dan mobil listrik lebih banyak lagi, sehingga nantinya dapat di ekspor ke berbagai negara.

Hal ini lantaran Indonesia memiliki nikel yang dapat diolah, sehingga ekosistem untuk mengembangkan energi terbarukan listrik (baterai) itu bisa berjalan dengan baik.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...