SKK Migas Sodorkan BP Sebagai Pemasok LNG Smelter Nikel Bahodopi Vale

Muhamad Fajar Riyandanu
21 Februari 2023, 14:19
lng, smelter, nikel, vale,
123RF.com/Artinun Prekmoung
Ilustrasi LNG.

British Petroleum atau BP dikabarkan telah menjalin komunikasi dengan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) untuk suplai gas alam cair (LNG) smelter nikel di Desa Bahomotope, Kecamatan Bahadopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

Lokasi serta kesiapan fasilitas dan ketersediaan LNG dari Proyek Tangguh dinilai siap untuk mengirim pasokan LNG ke smelter yang ditarget beroperasi pada 2026 tersebut.

Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Mohammad Kemal, menyampaikan jatah alokasi kargo LNG Tangguh untuk smelter Bahadopi mempertimbangkan kontrak eksisting kepada kebutuhan domestik maupun ekspor. Kargo yang tersedia tersebut akan dialokasikan kepada Vale.

"Saat ini proses aspek komersialisasi antara BP dan Vale sedang berlangsung termasuk mencocokkan periode kebutuhan Vale dengan ketersediaan kargo dari Tangguh," kata Kemal lewat pesan singkat pada Selasa (21/2).

Meningkatnya kebutuhan energi bersih di masa transisi memberikan peningkatan kebutuhan gas alam sebagai pengganti bahan bakar pembangkit dari bahan bakar batu bara di pabrik smelter.

SKK Migas dan BP berupaya menyuplai kebutuhan LNG domestik sebagai prioritas termasuk kebutuhan smelter dalam negeri, satu diantanya yakni penyaluran LNG kepada Vale.

"Pada akhirnya usulan alokasi tersebut akan disampaikan kepada Menteri ESDM untuk mendapatkan persetujuan. Untuk mempercepat proses, maka usulan alokasi dan penyelesaian komersial selanjutnya dapat dilakukan secara pararel," ujar Kemal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...