BI Diprediksi Tahan Suku Bunga, IHSG Dibuka Naik 0,11%

IHSG diprediksi akan melanjutkan penguatannya hari ini dipengaruhi optimisme perang dagang dan ditahannya suku bunga The Fed yang mendongkrak bursa global.
Image title
20 Juni 2019, 10:33
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/6/2019).
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Karyawan melintas di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (20/6), mengawali perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) menguat 6,75 poin atau 0,11% ke posisi 6.346,01.

Sementara itu bursa saham Amerika Serikat (AS) mengakhiri perdagangan Rabu (19/6) dengan kinerja yang positif setelah bank sentral AS, The US Federal Reserve atau The Fed, memutuskan untuk menahan bunga acuannya Fed Fund Reserve (FFR) di kisaran 2,25-2,5%.

Kendati demikian The Fed mengisyaratkan kemungkinan penurunan suku bunga tahun ini. Dilansir dari Reuters Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa mereka akan bertindak sebagaimana mestinya untuk mempertahankan ekspansi ekonomi dan melawan risiko ekonomi global dan domestik.

Bursa Asia pun menguat merespon kebijakan suku bunga The Fed. Pagi ini seluruh bursa utama di Asia kompak menghijau. Indeks Strait Times naik 0,69%, Shanghai melesat 1,13%, Hang Seng naik 0,84%, Nikkei naik 0,61%, serta Kospi naik tipis 0,06%.

Advertisement

(Baca: Didorong Optimisme Perundingan Dagang AS-Tiongkok, Bursa Asia Melonjak)

Sementara IHSG diprediksi berpeluang untuk melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini yang juga dipengaruhi oleh menurunnya eskalasi perang dagang AS-Tiongkok yang sepakat untuk melanjutkan perundingan dagangnya di KTT G-20 akhir bulan ini di Jepang.

"Pertemuan Xi (Jinping)-(Donald) Trump menimbulkan optimisme meredanya perang dagang, namun masih terlalu dini untuk menyimpulkan kesepakatan akan terjadi pada pertemuan tersebut," kata Kepala Analis Valbury Sekuritas, Alfiansyah, dalam risetnya hari ini.

Dia mengatakan kemungkinan terjadinya kesepakatan terbuka salah satunya karena Trump akan memulai kampanye pemilihan Presiden AS periode berikutnya, dan Trump tentunya akan berusaha untuk menjaga elektabilitasnya.

Selain itu investor akan memantau hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang akan diumumkan siang ini. BI diprediksi akan menahan suku bunga acuannya , BI 7 Days Repo Rate, di level 6%. Walaupun demikian, sejumlah analis menilai BI memiliki ruang untuk menurunkan bunga acuannya.

(Baca: BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan di 6% Bulan Ini)

Hingga berita ini ditulis, IHSG bergerak fluktuatif. Setelah perdagangan dimulai, IHSG sempat naik hingga ke posisi 6.357,46 atau naik 0,29%. Namun setelah itu IHSG menukik turun ke zona merah ke level 6.326,6 atau turun 0,19%.

Sementara ini total transaksi saham mencapai Rp 2,97 triliun dari 5,79 miliar saham yang diperdagangkan investor. Sebanyak 191 saham bergerak naik, 150 saham turun, dan 136 saham bergerak mendatar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait