Ma'ruf Janjikan Optimalisasi JKN-KIS, Sandiaga Benahi BPJS Kesehatan

Dimas Jarot Bayu
17 Maret 2019, 21:55
Debat cawapres
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengungkapkan, pihaknya akan memaksimalkan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berjanji akan memaksimalkan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) jika nanti terpilih dalam Pilpres 2019. JKN-KIS dinilai mampu membuat langkah-langkah yang inovatif dalam mendorong optimalisasi pelayanan kesehatan.

Ma'ruf memaparkan, melalui JKN-KIS, pemerintah telah memberikan upaya asuransi sosial yang cukup besar. Hal ini terlihat dari jumlah peserta BPJS Kesehatan yang mencapai 215 juta peserta.

Di samping itu, jumlah penerima biaya iuran kesehatan dari pemerintah mencapai 96,8 juta. "Sebenarnya pemerintah telah melakukan langkah besar dalam rangka memberikan pelayanan dengan harga murah," kata Ma'ruf dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Untuk memaksimalkan program JKN-KIS, Ma'ruf akan mendorong adanya pusat-pusat kesehatan yang dapat dijangkau masyarakat dengan lebih baik. Selain itu, dia juga berjanji adanya redistribusi dokter dan tenaga medis di seluruh Indonesia.

Hal lain yang ia janjikan adalah soal penyediaan obat yang cukup untuk masyarakat. "Agar masyarakat tidak kekurangan obat," kata Ma'ruf.

Selain itu, Ma'ruf juga akan mendorong berkurangnya angka stunting di Indonesia sebesar 10% dalam lima tahun mendatang. Ma'ruf mengklaim saat ini pemerintah telah berhasil mengurangi angka stunting hingga 7%.

Upaya penurunan angka stunting dilakukan dengan langkah preventif dan promotif. Hal itu seperti terlihat dari Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat-Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dan juga Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). "Lewat upaya preventif promotif itu kami harapkan jumlah orang yang sakit berkurang," kata Ma'ruf.

(Baca: Perseteruan Ma'ruf dan Sandi soal Badan Riset Nasional)

Sandiaga Usul Pembenahan Layanan BPJS Kesehatan

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan membenahi pelayanan BPJS Kesehatan di Indonesia. Dia menilai, saat ini masih ada masalah dalam pelayanan BPJS Kesehatan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...