Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf dan Contoh Soalnya

Ide pokok paragraf adalah inti kalimat yang bersifat umum, jadi cakupannya luas. Cara menentukan ide pokok paragraf yaitu membaca dengan seksama keseluruhan isi paragraf.
Dwi Latifatul Fajri
9 Desember 2021, 22:38
Ide Pokok Paragraf
pixabay.com/DariuszSankowski

Bacaan buku, novel, artikel, dan berita selalu memiliki ide pokok paragraf. Ketika membaca buku atau analisis buku, pembaca bisa melihat isi penting dari setiap paragrafnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca ekstensif diperlukan untuk menjangkau bacaan. Membaca ekstensif merupakan kemampuan seseorang untuk bisa menangkap isi setiap paragraf. Proses membaca ini membantu meningkatkan keterampilan aspek membaca.

Dalam bacaan, terdapat ide pokok setiap paragraf, ringkasan isi bacaan, sampai menemukan fakta dan opini. Proses membaca ini diperlukan supaya pembaca bisa mengerti inti dan maksud dari sebuah tulisan.

Pengertian Ide Pokok

Ide Pokok Paragraf adalah inti pembicaraan atau pokok permasalahan dalam sebuah bacaan. Ide pokok merupakan kalimat yang bersifat umum, kemudian bisa dijelaskan melalui kalimat penjelas yang lebih khusus, sehingga bacaan lebih runut.

Advertisement

Ide pokok merupakan kalimat utama yang berisi pemikiran dan dasar yang diterangkan kalimat lainnya. Sebelum menulis ringkasan cerita, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan ide pokok bacaan.

Jika sudah menemukan ide pokok bacaan di tiap paragraf, maka membaca mudah membuat ringkasan untuk setiap paragraf.

Ide pokok disebut juga gagasan utama, kalimat topik, tema, pokok pembicaraan, dan pokok pikiran. Dalam satu paragraf, paling tidak ada satu kalimat utama yang menjadi gagasan utama. Pokok pikiran menjadi inti utama dari suatu bacaan, kemudian kalimat selanjutnya memberi pengembangan informasi.

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf ditentukan dari gagasan pendukung suatu bacaan. Jika membaca secara teliti, ada cara menentukan ide pokok, yaitu:

  1. Membaca judul dan keseluruhan bacaan paragraf secara cepat dan teliti. Perhatikan judul dan bacaan, kemudian membuat rumusan gagasan utama.
  2. Cermati kalimat awal sampai akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat, sampai akhirnya menemukan ide pokok paragraf.
  4. Setelah menemukan gagasan pokok, kemudian baca cepat paragraf berikutnya. Baca bagian sub judul, lalu hubungkan dengan ide pokok pikiran.
  5. Kemudian buat rumusan yang sesuai ide pokok tersebut.
  6. Perhatian ide pokok berupa pernyataan umum yang cakupannya luas. Sedangkan gagasan pendukung lebih sempit cakupannya, berupa pernyataan khusus.
  7. Buat catatan untuk gagasan utama setiap paragraf. Catatan ini akan memudahkan memahami paragraf secara runtut dan logis. Biasanya, ide pokok pernyataan dari umum-khusus (deduktif) dan khusus-umum (induktif).

Perbedaan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat utama mengandung ide pokok, pikiran utama, atau kalimat topik. Kalimat ini memiliki ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan kalimat penjelas.

Ciri-ciri Kalimat Utama

  • Kalimat lengkap yang bisa berdiri sendiri
  • Mengandung permasalahan potensial yang bisa dirinci dan diuraikan
  • Punya arti yang cukup jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain
  • Bisa dibentuk tanpa kata sambung
  • Kalimat utama mengandung gagasan utama suatu topik atau peristiwa

Ciri-ciri Kalimat Penjelas

  • Kalimat penjelas lebih dari satu kalimat
  • Isi gagasan penjelas berupa uraian kecil, contoh, ilustrasi, dan kutipan
  • Kalimat penjelas merupakan pernyataan khusus dan cakupannya sempit
  • Kalimat ini memperjelas ide pokok paragraf

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Mengutip dari buku Pasti Top Sukses Ujian 2016, berikut contoh soal ide pokok paragraf.

Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya

Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru. Barang bekas yang dapat didaur ulang diantaranya botol minuman, koran, dan kain perca. Daur ulang dilakukan untuk mencegah banyaknya barang yang dibuang percuma.

Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan. Barang-barang kerajinan tangan hasil daur ulang bisa kita jual. Selain itu, kegiatan daur ulang barang bekas bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak. Barang bekas yang bisa didaur ulang oleh anak-anak, misalnya koran bekas. Cara mendaur ulang koran bekas cukup mudah, yaitu dengan merendam kertas koran yang sudah disobek ke dalam ember berisi air selama sehari semalam. Kemudian, koran tersebut diblender dan diaduk dengan lem. Hasil daur ulang koran tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi.

Kain-kain sisa atau kain perca bisa dibuat menjadi boneka atas tempat penyimpanan serbaguna. Berbagai cara pembuatan boneka dari kain perca dapat dicari melalui internet. Kamu tidak akan kesulitan untuk membuat barang-barang dari kain perca tersebut.

Analisa Kalimat

  • Kalimat utama di paragraf pertama:

Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru.

  • Kalimat utama di paragraf kedua:

Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan.

  • Kalimat utama di paragraf ketiga:

Kain-kain sisa atau kain perca bisa dibuat menjadi boneka atau tempat penyimpananan serbaguna.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait