Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf dan Contoh Soalnya

Dwi Latifatul Fajri
9 Desember 2021, 22:38
Ide Pokok Paragraf
pixabay.com/DariuszSankowski

Bacaan buku, novel, artikel, dan berita selalu memiliki ide pokok paragraf. Ketika membaca buku atau analisis buku, pembaca bisa melihat isi penting dari setiap paragrafnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), membaca ekstensif diperlukan untuk menjangkau bacaan. Membaca ekstensif merupakan kemampuan seseorang untuk bisa menangkap isi setiap paragraf. Proses membaca ini membantu meningkatkan keterampilan aspek membaca.

Dalam bacaan, terdapat ide pokok setiap paragraf, ringkasan isi bacaan, sampai menemukan fakta dan opini. Proses membaca ini diperlukan supaya pembaca bisa mengerti inti dan maksud dari sebuah tulisan.

Pengertian Ide Pokok

Ide Pokok Paragraf adalah inti pembicaraan atau pokok permasalahan dalam sebuah bacaan. Ide pokok merupakan kalimat yang bersifat umum, kemudian bisa dijelaskan melalui kalimat penjelas yang lebih khusus, sehingga bacaan lebih runut.

Ide pokok merupakan kalimat utama yang berisi pemikiran dan dasar yang diterangkan kalimat lainnya. Sebelum menulis ringkasan cerita, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan ide pokok bacaan.

Jika sudah menemukan ide pokok bacaan di tiap paragraf, maka membaca mudah membuat ringkasan untuk setiap paragraf.

Ide pokok disebut juga gagasan utama, kalimat topik, tema, pokok pembicaraan, dan pokok pikiran. Dalam satu paragraf, paling tidak ada satu kalimat utama yang menjadi gagasan utama. Pokok pikiran menjadi inti utama dari suatu bacaan, kemudian kalimat selanjutnya memberi pengembangan informasi.

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf ditentukan dari gagasan pendukung suatu bacaan. Jika membaca secara teliti, ada cara menentukan ide pokok, yaitu:

  1. Membaca judul dan keseluruhan bacaan paragraf secara cepat dan teliti. Perhatikan judul dan bacaan, kemudian membuat rumusan gagasan utama.
  2. Cermati kalimat awal sampai akhir.
  3. Baca kalimat demi kalimat, sampai akhirnya menemukan ide pokok paragraf.
  4. Setelah menemukan gagasan pokok, kemudian baca cepat paragraf berikutnya. Baca bagian sub judul, lalu hubungkan dengan ide pokok pikiran.
  5. Kemudian buat rumusan yang sesuai ide pokok tersebut.
  6. Perhatian ide pokok berupa pernyataan umum yang cakupannya luas. Sedangkan gagasan pendukung lebih sempit cakupannya, berupa pernyataan khusus.
  7. Buat catatan untuk gagasan utama setiap paragraf. Catatan ini akan memudahkan memahami paragraf secara runtut dan logis. Biasanya, ide pokok pernyataan dari umum-khusus (deduktif) dan khusus-umum (induktif).

Perbedaan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Kalimat utama mengandung ide pokok, pikiran utama, atau kalimat topik. Kalimat ini memiliki ciri-ciri yang bisa dibedakan dengan kalimat penjelas.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...