11 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Mandi di pagi hari menggunakan air dingin merupakan aktivitas yang baik dilakukan. Lantas, apa saja manfaat mandi air dingin di pagi hari? Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
14 Mei 2022, 13:25
11 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh
Pexels.com
Ilustrasi mandi air dingin di pagi hari

Manfaat mandi air dingin cukup beragam, salah satunya bisa dilakukan saat mandi pagi hari. Mandi pagi hari menjadi hal yang penting dilakukan sebelum memulai aktivitas. Pasalnya, mandi di pagi hari memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan, apalagi jika dilakukan menggunakan air dingin.

Lantas, apa saja manfaat mandi air dingin di pagi hari? Mengutip dari Klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mandi di pagi hari menggunakan air dingin bisa meningkatkan sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi dalam tubuh. Secara tidak langsung, aktivitas mandi pagi hari menggunakan air dingin bisa meningkatkan imun tubuh.

2. Membuat Peredaran Darah Lebih Lancar

Manfaat mandi air dingin lainnya, yaitu membantu melancarkan peredaran darah. Lancarnya peredaran darah mampu menjadikan tubuh lebih segar, sehingga kondisi tubuh yang lebih baik dapat menunjang aktivitas seharian menjadi lebih menyenangkan.

Advertisement

3. Meredakan Gejala Depresi

Air dingin dipercaya bisa melepaskan endorfin. Sebagai pengetahuan, endorfin adalah hormon yang bisa memberikan rasa senang dan melawan hormon stres. Maka dari itu, mandi menggunakan air dingin bisa membantu mengurangi perasaan tidak nyaman bagi penderita depresi.

4. Meredakan Nyeri Otot

Sejauh ini, kita mengenal air hangat bisa memberikan efek relaksasi dan meredakan nyeri otot. Padahal, air dingin juga bisa memberikan manfaat yang sama. Air dingin juga bisa membantu meredakan nyeri dan gangguan peradangan pada otot.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka jika salah satu manfaat mandi air dingin yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan air dingin bisa mengaktifkan jaringan lemak cokelat yang ada dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi panas. Maka dari itu, berat badan bisa berkurang.

6. Memelihara Kesehatan Kulit

Mandi air dingin di pagi hari juga bisa membantu merawat kesehatan kulit. Pasalnya, air dingin bisa meningkatkan kelembaban kulit. Tak hanya itu, air dingin juga bisa mengurangi kandungan minyak di wajah.

7. Membuat Rambut Lebih Kuat

Selain memberikan manfaat untuk kulit, mandi air dingin di pagi hari juga baik untuk menjaga kekuatan rambut. Hal ini dikarenakan air dingin bisa membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang. Dengan demikian, rambut menjadi lebih kuat, tidak rontok, dan lapisan kutikula rambut bertambah. Kondisi ini juga bisa membuat rambut terlihat lebih bercahaya.

8. Mencegah Jerawat

Manfaat mandi air dingin juga dipercaya bisa mencegah jerawat dan membuat wajah terlihat lebih muda. Pasalnya, mandi dengan air dingin bisa mengecilkan pori-pori wajah. Maka dari itu, kotoran dan sebum tidak menumpuk.

9. Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Tubuh

Manfaat mandi air dingin juga dipercaya bisa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Pasalnya, air dingin bisa memicu detak jantung sehingga tubuh dapat memperoleh asupan oksigen lebih banyak.

10. Meningkatkan Kesuburan

Mandi air dingin di pagi hari juga diketahui bisa meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan testosteron pada pria. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa manfaat mandi air dingin di pagi hari bisa meningkatkan kesuburan.

11. Pengobatan Medis Hidroterapi

Air dingin juga diketahui menjadi media pengobatan medis atau yang dikenal dengan nama hidroterapi. Pengobatan ini menggunakan air dingin karena prinsip metodenya bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Efek Mandi Air Dingin di Malam Hari

Mandi air dingin di pagi hari memang memberikan banyak manfaat. Namun, bagaimana jika mandi air dingin dilakukan di malam hari? Mandi air dingin di malam hari juga tetap memberikan manfaat seperti membuat tubuh menjadi lebih bersih dan tidur menjadi lebih nyaman.

Namun, di beberapa kondisi kita juga perlu mewaspadai efek mandi malam air dingin. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut sederet efek mandi malam hari menggunakan air dingin.

1. Mengakibatkan Asma Kambuh

Bagi penderita asma, sebaiknya menghindari aktivitas mandi di malam hari. Pasalnya, perubahan suhu yang mendadak diketahui bisa memicu gangguan pada pernapasan. Sehingga dapat meningkatkan risiko asma kambuh.

Selain itu, mandi malam hari juga bisa menyebabkan sinusitis kambuh. Maka dari itu, jika Anda mempunyai riwayat penyakit pernapasan, sebaiknya tidak mandi di malam hari.

2. Memicu Penyakit Bronkitis Akut

Bronkitis akut adalah kondisi ketika saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru mengalami peradangan. Gangguan kesehatan ini biasanya dipicu oleh infeksi virus. Selain itu, bronkitis akut juga bisa disebabkan oleh suhu lingkungan yang terlalu dingin dan kering.

Suhu yang terlalu dingin bisa terjadi jika kita mandi di malam hari. Oleh sebab itu, untuk menghindari penyakit bronkitis akut, sebaiknya jangan terlalu sering mandi malam hari.

3. Menimbulkan Flu

Efek mandi malam lainnya yaitu dapat menyebabkan flu. Pasalnya, virus dapat berkembang biak lebih cepat saat tubuh dingin. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam penelitian yang dilakukan Yale University di tahun 2015.

Dalam studi tersebut dikatakan bahwa, virus yang menyerang rongga hidung bersuhu dingin lebih mudah menyebabkan flu dibandingkan saat menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait