10 Cara Mengurangi Sampah Plastik Ini Dapat Melindungi Lingkungan

Annisa Fianni Sisma
26 Desember 2022, 10:14
Cara Mengurangi Sampah Plastik
PEXEL
Ilustrasi Sampah Plastik Di Pantai

Sampah plastik menjadi salah satu fenomena yang memprihatinkan. Banyaknya sampah plastik dapat mencemari lingkungan dan bahkan membahayakan ekosistem. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengurangi sampah plastik.

Mengurangi sampah plastik dapat dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Kemudian, merambah ke lingkungan sekitar ketiga beraktivitas.

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK
CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK (PEXEL)
 

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Tingginya jumlah sampah plastik di bumi dapat menyebabkan hewan dan tumbuhan di laut tercemar. Pasalnya, sampah plastik akan perumahan menjadi microplastic dan masuk ke pencernaan dan pernafasan hewan laut.

Tak hanya hewan laut, hewan di daratan dan manusia pun bahkan dapat tercemar oleh microplastic. Plastik juga merupakan bahan yang sulit terurai yang meski sudah bertahun-tahun terkubur, plastik akan tetap dalam kondisi yang sama pada saat pertama dibuang dan bahkan sulit menjadi microplastic.

Berkaitan dengan hal tersebut, tentu diketahui plastik cukup berbahaya dalam kehidupan sehari-hari. Plastik yang sulit terurai dapat mengotori lingkungan dan ketika terurai menjadi microplastic, plastik akan berbahaya bagi makhluk hidup lainnya.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengurangi sampah plastik yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Membawa kantong belanja sendiri

Jika sedang berbelanja di minimarket, pasar, maupun mall, ada baiknya membawa kantong belanja sendiri yang dapat digunakan berkali-kali. Kantong belanja yang terbuat dari kain dan dapat digunakan berkali-kali ini tentu lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan plastik. Selain itu, tas belanja ini juga lebih awet sehingga dapat digunakan berkali-kali. 

2. Membawa alat makan sendiri

Cara mengurangi sampah plastik yang mudah berikutnya adalah dengan membawa alat makan berupa sendok dan garpu sendiri. Konsumen dapat menghemat penggunaan sendok dan garpu plastik untuk melindungi lingkungan.

3. Mendukung penggunaan plastik dari bahan ramah lingkungan

Kini telah banyak cara mengurangi sampah plastik dengan mendukung penggunaan plastik bahan ramah lingkungan. Contohnya yakni plastik yang terbuat dari singkong.

Plastik yang terbuat dari singkong akan mudah larut dan aman untuk lingkungan. Plastik ini tidak akan menyebabkan air dan makhluk hidup tercemar oleh mikroplastik yang berbahaya.

4. Mendukung usaha pengolahan limbah

Cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan mendukung usaha pengolahan. Contohnya, ada orang yang membuat tas dari limbah plastik yang telah diolah dan dibersihkan. Hal ini tentu membuat plastik lebih berharga dan mencegah sampah bertebaran yang mencemari air dan lain sebagainya.

5. Membawa botol minuman sendiri

Salah satu cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan membawa mug atau tumbler minuman sendiri. Terkadang ketika membeli minuman maka akan diberi botol atau gelas plastik.

Botol atau gelas plastik tersebut kemudian hanya menjadi sampah setelah digunakan. Oleh karena itu, untuk meminimalisir sampah plastik berupa botol dan gelas plastik, maka dengan membawa minuman botol sendiri akan sangat membantu melindungi lingkungan.

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK
CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK (PEXEL)
 




6. Tidak menggunakan styrofoam sebagai alat makan

Cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan membawa alat makan sendiri. Biasanya, restoran akan menyediakan styrofoam sebagai wadah makanan. Namun, hal ini dapat dikurangi jika pelanggan membawa wadah sendiri.

7. Membawa sedotan stainless steel

Mengurangi penggunaan sedotan merupakan salah satu cara mengurangi sampah plastik. Hal ini tentunya menjadi solusi kecil yang berdampak besar bagi lingkungan.

Sedotan yang menjadi sampah akan menjadi microplastic. Jika tersebar di lautan, beberapa sedotan bahkan masuk ke dalam pernafasan hewan seperti penyu dan hal tersebut tentunya mengerikan terlebih jika termakan oleh hewan seperti ikan paus.

Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan sedotan stainless steel. Hal ini merupakan langkah yang progresif mencegah kerusakan lingkungan karena limbah plastik.

8. Mendirikan bilik isi ulang air minum

Untuk mencegah orang-orang membeli air dalam kemasan botol, maka langkah lain dalam cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan mendirikan bilik isi ulang air minum. Hal ini juga sebagai cara mencegah penggunaan botol sekali pakai.

Namun, tantangan yang terjadi adalah jika orang-orang menganggap air tersebut tidak dapat dijamin kebersihannya. Oleh karena itu, letakkan dalam bilik yang bersih dan cek secara berkala kebersihan air.

9. Hindari alat cukur disposable razor

Alat cukur seperti disposable razor merupakan alat cukur yang mata pisaunya menyatu dengan gagang plastik. Biasanya, pengguna akan membuangnya ketika sudah tidak tajam.

Jika siklus ini berlangsung terus menerus, maka akan menyebabkan timbunan sampah disposable razor yang berbahaya. Timbunan sampah serta alat cukur yang terbuang begitu saja dapat melukai hewan yang melewatinya.

CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK
CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK (PEXEL)


10. Mengajak orang lain tidak menggunakan plastik sekali pakai

Cara mengurangi sampah plastik berikutnya adalah dengan turut mengajak orang lain tidak menggunakan plastik-plastik seperti botol plastik, tas belanja plastik, gelas plastik, alat makan plastik, sedotan, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa cara mengurangi sampah plastik yang mudah dilakukan. Dengan turut berpartisipasi mengurangi sampah plastik, maka setiap orang juga turut melindungi bumi.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait