8 Cara Memanjangkan Rambut Cepat dan Alami

Siti Nur Aeni
10 Agustus 2021, 11:52
 Cara Memanjangkan Rambut Cepat dan Alami
pixabay.com
Ilustrasi perempuan dengan rambut panjang

Beberapa dari kita mungkin mendambakan rambut panjang dengan cepat. Bagi sebagian perempuan, memiliki rambut panjang yang indah mampu meningkatkan rasa percaya diri. Ada beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa dilakukan dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya, berikut  penjelasan lengkapnya:

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Mudah

1. Rutin memotong ujung rambut

Bagi Anda yang menginginkan rambut panjang dan indah, salah satu caranya bisa dengan memotong ujung rambut secara rutin. Tenang saja, memotong ujung rambut ini tidak akan membuat rambut semakin pendek, justru sebaliknya rambut akan lebih cepat tumbuh memanjang dan sehat.

Ujung rambut seringkali mengalami kerusakan dan pecah. Jika rambut tersebut dibiarkan tumbuh memanjang akan menjadikan rambut kering. Alhasil pertumbuhan rambut akan terganggu dan rambut tidak lagi cantik. Disarankan untuk memotong ujung rambut sekitar 1 cm setiap 10 sampai 12 minggu sekali.

2. Gunakan kondisioner setelah keramas

Kondisioner berfungsi mengganti lemak dan protein pada bagian dalam batang rambut, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kondisioner juga memiliki peranan lain dalam menjaga kesehatan rambut, seperti mengencangkan rambut, menambah elastisitas rambut, dan mencegah kerusakan pada rambut. Biasanya, kondisioner digunakan setelah keramas. Jika digunakan secara rutin, kondisioner bisa menjadi salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat.

3. Jangan keramas terlalu sering

Banyak orang mengira keramas setiap hari akan cepat memanjangkan rambut, padahal hal tersebut salah. Pada umumnya mereka yang memiliki rambut panjang akan tergoda untuk keramas setiap hari karena cuaca yang panas membuat rambut lebih cepat berminyak dan kulit kepala gatal. Keramas terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut kering, kasar, dan mudah patah.

Kulit kepala yang terlalu sering terkena shampo bisa berubah menjadi kering dan beriritasi. Jika sudah terlanjur rusak, solusinya bisa mengganti shampo dengan produk dari bahan non sulfat untuk menjaga agar rambut bisa tumbuh panjang dan sehat.

4. Tidak diperkenankan menyisir rambut saat basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah ternyata bisa menyebabkan kerusakan, tiu karena rambut basah masih terlalu lemah dan mudah rontok. Maka dari itu, jika Anda ingin mendapatkan rambut panjang dan indah, jangan menyisir rambut saat masih basah.

Untuk menjaga rambut tetap sehat, keringkan rambut basah terlebih dahulu. Anda dianjurkan tidak  menggunakan hairdryer karena bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Gunakan juga sisir yang sesuai dengan jenis rambut anda dan pastikan sisir tersebut tidak menarik rambut anda terlalu keras dan menyebabkan kerontokan.

5. Kurangi perawatan menggunakan bahan kimia

Cara memanjangkan rambut berikutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia untuk merawat rambut. Banyak diantara kita yang tergoda untuk melakukan berbagai perawatan rambut seperti  bleaching, coloring, dan perawatan dengan bahan kimia lainnya. Penggunaan bahan kimia secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada rambut dan berpotensi menghambat pertumbuhan rambut yang sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...