PTBA Bakal Bangun Pembangkit Listrik Angin di Indonesia Timur

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Desember 2022, 21:45
listrik, ptba, pembangkit listrik
www.ptba.co.id
Bukit Asam (www.ptba.co.id)

Perusahaan pertambangan batu bara milik negara, PT Bukit Asam atau PTBA bakal membangun pembangkit listrik tenaga bayu atau PLTB di wilayah Indonesia bagian timur. Langkah ini disebut menjadi strategi bisnis perseroan dalam upaya mengikuti tren bisnis energi yang semakin mengarah kepada sumber energi terbarukan.

"Sedang dikaji ya, kemungkinan di Indonesia Timur nantinya. Kami melihat energi baru dan terbarukan tidak bisa dihindari, jadi kami juga tidak mau ketinggalan," kata Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail saat ditemui di Gedung Nusantara I DPR, Selasa (6/12).

Langkah PTBA merupakan aksi lanjutan dari upaya perusahaan yang tengah menjajaki proyek pengembangan PLTB berkapasitas 1.300 mega watt (MW) di Cina Selatan.

Dalam pengerjaannya, PTBA akan bekerja sama dengan perusahaan pembangkit listrik China Huadian Corporation (CHD) melalui Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada 18 Oktober 2022. Kerja sama ini diharap bisa menjadi gerbang transfer teknologi untuk pengembangan PLTB di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, PTBA berharap bisa memperoleh keuntungan berupa transfer teknologi dan kesempatan untuk memperluas kerja sama pembangunan PLTB di Indonesia. "Peran kami di proyek itu gak terlalu banyak, justru yang proyek di Cina itu yang mau kami tarik ke Indonesia," ujar Arsal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...