Pidato HUT ke-15 Gerindra, Prabowo: Percayalah pada Pemimpin

Ade Rosman
6 Februari 2023, 14:13
Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyinggung soal loyalitas dan kepercayaan terhadap pimpinan dalam pidato yang ia sampaikan di hari ulang tahun (HUT) ke-15  Sembari menyebutkan pengalamannya di dunia militer, Prabowo mengatakan kepercayaan menjadi kunci utama dalam berpolitik.

"Saya puluhan tahun di tentara. percayalah pada pimpinan. Kalau kau tidak bisa percaya, berhenti, mengundurkan diri. Jangan mau dipimpin oleh orang yang kau tidak percaya," kata Prabowo dalam pidatonya di Kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Lebih jauh, Prabowo mencontohkan keadaan di suatu kapal dan pesawat. Ia mengatakan dengan memutuskan menaiki kendaraan tersebut, maka harus diikuti dengan rasa percaya terhadap yang memimpinnya.

"Kalau sudah di atas kapal dan pesawat, jangan pula kau rongrong dari samping, dari kanan dan kiri, itu namanya tidak baik dan benar. Itu membahayakan seluruh yang di atas kapal," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, seorang pimpinan tidak mungkin berbuat yang tidak baik untuk pengikutnya. Ia pun berterima kasih pada para kader Gerindra yang telah memberi kepercayaan padanya sebagai Ketua Umum.

"Terima kasih atas dedikasi kalian semuanya yang masih memberi kepercayaan kepada saya. Dan insyaAllah saya tidak akan pernah mengecewakan kepercayaan saudara-saudara itu," katanya. 

Sosok Cawapres Pendamping Prabowo

Selain mengingatkan pentingnya kepercayaan pada pemimpin, dalam pidatonya Prabowo juga menyinggung soal sosok calon wakil presiden. Hal itu disampaikan Prabowo merespons pertanyaan dari salah seorang kader yang dilontarkan pada saat ia berpidato. 

"Masih lama, tenang saja, jangankan kalian, saya pun belum tahu siapa cawapresnya," kata Prabowo. 

Momen saat Prabowo ditodong pertanyaan menjadi perhatian lantaran sang Ketua Umum langsung memberi jawaban di hadapan ratusan kader yang memadati kantor DPP Gerindra. Usai acara, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan yang disampaikan prabowo hanya sebuah candaan yang ditujukan untuk menunjukkan keakraban dengan kader partainya. 

"Jadi Pak Prabowo sedang melakukan joke. Tapi memang sampai sekarang belum diputuskan calon wakil presiden," kata Muzani.

Selain itu, Muzani mengatakan terkait calon presiden di antara koalisi yang dibangun Gerindra dengan PKB pun masih belum ditentukan.Ia mengatakan, PKB pun telah meminta agar bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung koalisi dideklarasikan sebelum bulan Ramadan. 

Meski mengatakan Prabowo menghargai usulan tersebut, namun Muzani menyatakan pihaknya masih melakukan sejumlah persiapan. Gerindra sendiri telah mengumumkan akan mengusung Prabowo sebagai calon presiden sejak Agustus 2022 lalu. Namun untuk bisa mengusung Prabowo, Gerindra harus mendapatkan dukungan dari partai lain agar bisa memenuhi ambang batas presiden sebesar 25 persen suara sah pada pemilu 2019.

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait