Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun dengan Mudah

Annisa Fianni Sisma
24 Januari 2024, 10:00
Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun
Pexels
Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun
Button AI Summarize

Merencanakan cara menabung 50 juta dalam waktu satu tahun memerlukan perencanaan yang matang. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terasa menantang terutama jika mereka memiliki pendapatan sebesar upah minimum regional (UMR) dan berbagai biaya lain yang perlu dipenuhi.

Seperti diketahui, setahun terdiri dari 52 minggu. Oleh karena itu, menyisihkan sekitar 1 juta per minggu sebagai langkah menuju pencapaian 50 juta dalam setahun harus dilakukan.

Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti uang muka untuk rumah, pernikahan, pendidikan, asuransi, atau renovasi rumah. Kunci keberhasilannya adalah memiliki komitmen dan tekad yang kuat, serta menjalankan disiplin dalam mengalokasikan sejumlah uang setiap minggunya.

Berkaitan dengan itu, menarik mengetahui cara menabung 50 juta dalam setahun dengan mudah. simak penjelasannya sebagai berikut.

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun
Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun (Pexels)

Setiap individu pasti memiliki tujuan keuangan khusus yang ingin dicapai sesuai dengan target waktu yang diinginkan. Berikut beberapa strategi yang dapat membantu dalam meraih tujuan menabung sebesar 50 juta dalam waktu satu tahun.

1. Menerapkan Konsep 50/20/30

Cara menabung 50 juta dalam setahun yang pertama adalah dengan konsep 50/30/20. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Elizabeth Warren, seorang ahli keuangan dan profesor dari Harvard.

Dalam konsep ini, kita direkomendasikan untuk membagi pendapatan menjadi tiga bagian: 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan dan investasi. Contoh penerapan konsep ini adalah, apabila memiliki penghasilan sebesar Rp10 juta per bulan, dapat mengalokasikan Rp5 juta untuk kebutuhan sehari-hari, Rp3 juta untuk gaya hidup, dan sisa Rp2 juta untuk ditabung atau diinvestasikan.

2. Menjual Barang atau Aset yang Tidak Terpakai

Salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun adalah dengan menjual barang yang tidak terpakai atau sudah tidak digunakan, atau sering disebut dengan istilah mengadakan penjualan barang bekas atau garage sale. Alih-alih membiarkannya teronggok di gudang dan mengalami kerusakan karena tidak terpakai, tentunya lebih menguntungkan jika dapat menjualnya sebagai barang bekas.

3. Mengenali Skala Prioritas

Manajemen pengeluaran yang cerdas memerlukan pemahaman yang jelas antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini membantu menghindari pembelian impulsif dan mengurangi pengeluaran konsumtif yang tidak perlu.

Sebelum membeli barang yang dianggap sebagai kebutuhan tetapi bukan prioritas, pertimbangkan untuk menunda pembelian tersebut selama 30 hari. Pendekatan ini dikenal sebagai 'aturan 30 hari' dan terbukti sangat efektif dalam mengontrol pengeluaran yang didasarkan pada keinginan belaka.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...