Mendag Pastikan Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

Cahya Puteri Abdi Rabbi
26 Juli 2021, 17:22
Pedagang tertidur saat menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021). Menteri Perdagangan (Mendag) M. Lutfi menjamin pasokan dan harga kebutuhan pokok terkendali selama PPKM Level-4.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Pedagang tertidur saat menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021). Menteri Perdagangan (Mendag) M. Lutfi menjamin pasokan dan harga kebutuhan pokok terkendali selama PPKM Level-4.

Menteri Perdagangan (Mendag)  Muhammad Lutfi menegaskan pasokan kebutuhan pokok tercukupi dengan harga yang relatif terkendali mesipun banyak terjadi penyekatan wilayah akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level-4.

“Jadi saya pastikan harga barang semua baik dan stok mencukupi. Seperti gula pasir itu stok cukup hampir tiga bulan, beras cukup 17,4 bulan, minyak goreng hampir dua bulan, tepung terigu juga semuanya dalam kondisi yang baik dan cukup,” kata Lutfi dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7).

Lutfi memaparkan, hingga 23 Juli 2021, harga beras medium stabil berada di angka Rp 10.300 per kg. Bahkan, dibanding bulan lalu turun 1,9% . Sedangkan untuk beras premium harga stabil di angka Rp 12.300 per kg, atau turun 0,81% jika dibandingkan bulan sebelumnya yang menca R p12.400 per kg.

Sementara itu, tidak ada perubahan pada harga gula yakni masih stabil di angka Rp 13.000 per kg dibandingkan bulan sebelumnya

"Kemudian harga minyak goreng, baik curah maupun kemasan sederhana atau premium, seluruhnya masih dalam keadaan stabil yaitu di Rp 13.400 per liter. Kalau ada kenaikan, hanya sedikit di harga minyak goreng curah sebesar Rp 100 rupiah atau setara 0,75%," ujar dia.

Lutfi menambahka  beberapa komoditas mengalami kenaikan harga dalam beberpa minggu terakhir. Harga daging sapi, per 23 Juli 2021, berada di kisaran Rp 126.600 per kg, naik tipis dibandingkan bulan sebelumnya yakni Rp 125.700 per kg.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...