Mulai Mei, Pemerintah Tutup 4 Perlintasan Kereta di Jakarta

Maria Yuniar Ardhiati
8 Maret 2017, 09:52
Rel kereta
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kepolisian Daerah Metro Jaya telah bersepakat menutup empat perlintasan sebidang kereta api di daerah Jakarta. Uji coba penutupan mulai bulan depan sedangkan penutupan resminya pada Mei mendatang.

Keempat perlintasan tersebut adalah perlintasan Jalan Pejompongan I, perlintasan Jalan Pasar Minggu, perlintasan Jalan TB Simatupang, dan perlintasan Pondok Kopi/Penggilingan. Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono menyatakan, penutupan perlintasan sebidang ini bertujuan meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran perjalanan kereta api dan masyarakat pengguna jalan. 

(Baca: Bulan Depan, Stasiun Kereta Bandara Soekarno Hatta Rampung)

Lebih lanjut, dia menjelaskan, hal itu merupakan bagian dari 19 perlintasan sebidang yang diusulkan ditutup oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemrpov DKI Jakarta. Sebanyak 19 perlintasan sebidang tersebut sudah dilengkapi terowongan (underpass) maupun jalan layang (flyover).

Pada April tahun lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menutup perlintasan sebidang di Stasiun Tebet. Kemudian, penutupan kembali dilakukan pada perlintasan sebidang di Jalan Letjen. Soeprapto, Jakarta Pusat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...