Sri Mulyani Enggan Tanggapi Kabar Masuk Kabinet Baru Jokowi

Beberapa menteri dikabarkan kembali masuk dalam kabinet baru Jokowi, yaitu Sri Mulyani, Luhut Panjaitan, Retno Marsudi, dan Basuki Hadimuljono.
Dimas Jarot Bayu
15 Oktober 2019, 17:59
Kabinet Baru Jokowi, jokowi periode 2, Jokowi
Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati enggan menanggapi kabar dirinya bakal menjabat lagi di periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi. Dia menghindar ketika ditanyai mengenai hal itu oleh wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/10).

Ia mengatakan dirinya datang ke Istana untuk melapor kepada Jokowi terkait upaya mengatasi banjir impor tekstil dan produk tekstil. Sri Mulyani bertemu Jokowi selama sekitar satu jam. “Soal tekstil. Enggak, enggak (membahas jabatan menteri),” kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/10).

(Baca: Di Tengah Isu Calon Menteri, Sandiaga Uno Kembali ke Gerindra)

Ia lantas bergegas menuju ke Kantor Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang berada di samping Istana. Dia berada di sana selama kurang lebih satu jam. Sebelum meninggalkan kantor Mensesneg, ia kembali menolak untuk menjawab pertanyaan wartawan. “Saya enggak mau, saya enggak mau,” kata dia.

Beberapa menteri disebut-sebut kembali masuk dalam kabinet baru Jokowi. Menteri yang dimaksud yaitu Sri Mulyani, Luhut Binsar Panjaitan, Retno Marsudi, dan Basuki Hadimuljono.

(Baca: Manuver Prabowo dan Koalisi Super Gemuk Jokowi)

Hal ini dibenarkan oleh Tenaga Ahli Kedeputian IV Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Menurut Ngabalin, para menteri itu kemungkinan dipilih kembali oleh Jokowi karena dianggap cukup berprestasi.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan untuk mereka dipakai lagi membantu Presiden,” kata Ngabalin ketika dihubungi Katadata.co.id.

Video Pilihan

Artikel Terkait