Jokowi Menang 74% di Luar Negeri, Rekapitulasi Kuala Lumpur Menyusul

Image title
10 Mei 2019, 14:05
rekapitulasi pemilu luar negeri hampir selesai, jokowi menang
ANTARA FOTO/RAFIUDDIN ABDUL RAHMAN
Sejumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) melakukan penghitungan suara Pemilu 2019, di Dewan Tun Razak 1 dan 2, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (17/4/19).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu 2019 pada 129 wilayah luar negeri. Hanya tersisa satu wilayah lagi yakni Kuala Lumpur, Malaysia. Sejauh ini, Joko Widodo dan Maruf Amin memperoleh 74,19% dari total suara sah yang sebanyak 701 ribu, jauh mengungguli Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting menjelaskan pemungutan suara ulang melalui pos harus dilakukan di Kuala Lumpur lantaran adanya insiden surat suara tercoblos  sebelum Pemilu 2019. “Jadi (rekapitulasi luar negeri) belum selesai," kata Evi di Gedung KPU, Jakarta, Kamis, (9/5) malam.

(Baca: TNI-Polri Bersiaga Antisipasi Rusuh Saat Pengumuman Pemenang Pemilu)

Menurut dia, rekapitulasi suara Kuala Lumpur akan dilakukan pada 17 Mei mendatang lantaran masih menunggu hasil pemungutan suara ulang di wilayah tersebut. Adapun partisipasi warga negara Indonesia dalam Pemilu 2019 berkisar 49% sampai 50% dari total daftar pemilih yang sekitar 1,4 juta orang.

Pada Kamis (9/5) malam, rekapitulasi ditutup oleh Sydney, Australia. Rekapitulasi diwarnai perdebatan antarsaksi partai. Menurut Evi, perdebatan tersebut terkait surat suara tidak sah yang dikirimkan melalui pos. "Karena surat suara ini beragam yang di pos. Ada yang dikembalikan hanya satu surat suara. Kemudian ada juga yang dikembalikan 2 surat suara tapi tidak dicoblos," ucapnya.

KPU bakal mengumumkan hasil rekapitulasi dan pemenang Pilpres maupun Pemilu legislatif pada 22 Mei mendatang. Bila mengacu pada Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng Pemilu, Jokowi masih unggul terhadap Prabowo.

Pada 10 Mei, per pukul 13.15 WIB, perhitungan suara Situng KPU telah mencapai 75,78%. Jokowi menang 65,23 juta suara atau 56,22%, mengungguli Prabowo-Sandiaga 50,81 juta suara atau 43,78%. Ini artinya, selisih suara antara keduanya mencapai 14,4 juta.

Situng KPU dapat diakses secara bebas melalui laman pemilu2019.kpu.go.id dan terus diperbaharui secara berkala. Data yang masuk merupakan data formulir C1 atau hasil penghitungan tiap TPS yang dipindai dan diunggah ke sistem.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...