Telkom Bertransformasi Jadi Perusahaan Digital

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
5 Juli 2021, 09:42
Telkom #1
Telkom Indonesia

JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) tengah melakukan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Transformasi ini dilakukan untuk meningkatkan sustainable competitive advantage perusahaan sekaligus menopang pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid mengatakan, langkah yang diambil Telkom ini dapat menjadi enabler untuk mengembangkan kedaulatan digital di Tanah Air. Menurut Fajrin, adanya teknologi digital juga dapat menjadikan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya.

"Untuk itu, Telkom ingin memperluas bisnis ke platform digital dan layanan digital dengan dukungan kekuatan konektivitas yang dimiliki," ungkap Fajrin sebagaimana dikutip dari halaman resmi Telkom. 

Transformasi ini memang diperlukan demi menjawab tantangan untuk mengakselerasi digitalisasi Indonesia dan  membangun ekonomi digital.

Pasalnya, dalam webinar Indonesia Young Business Leaders Award 2021 di Jakarta pada Februari lalu, Fajrin juga pernah memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi digital terus melonjak dalam lima tahun ke depan hingga 124 milliar dollar AS.

Fajrin menilai, dalam pertumbuhan ekonomi digital ini, Indonesia tidak hanya bertindak sebagai pasar. Tetapi juga bisa berperan aktif dan terlibat di dalamnya.

Dengan demikian, menurut Fajrin, sebagai perusahaan milik negara, Telkom harus mengambil manfaat dari pertumbuhan pasar digital.

"Jadi dalam lima tahun saja ada pertumbuhan tiga kali lipat," ungkap Fajrin, dikutip dari Republika. 

Strategi bertahan dan berkembang

Langkah Telkom untuk bertransformasi menjadi digital telco dari yang semula hanya sebagai perusahaan telekomunikasi, juga menjadi salah satu strategi untuk bertahan dan mendorong pertumbuhan pendapatan, khususnya di masa pandemi ini.

Telkom sendiri memiliki dua mesin pendorong besar, yakni layanan internet fiber optik IndiHome dan bisnis digital Telkomsel.

Kedua lini bisnis tersebut berkontribusi besar terhadap pendapatan yang diraih pada kuartal pertama (Q1) 2021 ini.

Telkom mencatat pendapatan konsolidasi kuartal pertama sebesar Rp 33,95 triliun dengan Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) Perseroan tercatat Rp 18,81 triliun. Angka ini tumbuh sebesar 0,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pencapaian tersebut diperoleh dari kinerja layanan internet IndiHome yang tumbuh 25 persen mencapai Rp 6,35 triliun dari 2020 lalu. Kontribusi pendapatan IndiHome juga meningkat signifikan dari 14,8 persen pada 2020 lalu menjadi 18,7 persen dari total pendapatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...