Produk Baru Alibaba Cloud Bisa Tingkatkan Data Intelijen Korporasi

Berbagai fitur olah data yang ditawarkan bisa membantu korporasi mengambil keputusan bisnis dengan lebih cepat.
Image title
27 Februari 2019, 09:59
Alibaba Cloud
Maverick
Leon Chen, General Manager of Singapore and Indonesia, Alibaba Cloud menyampaikan sambutan dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (9/1).

Alibaba Cloud, lini usaha komputasi awan dari Alibaba Group, meluncurkan tujuh produk dan dua fitur baru di Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol. Berbagai produk tersebut bertujuan untuk meningkatkan data intelijen untuk mempermudah para pelaku usaha dalam mengambil keputusan bisnis.

Senior Staff Product Manager Alibaba Cloud International, Henry Zhang mengatakan, pengembangan fitur ini dibuat atas berbagai masukan mitranya. Dengan jaringan 5G, edge computing, dan Internet of Things (IoT) serta memperpendek time-to-market (TTM), ia berharap  produknya dapat mempermudah akses pelanggannya dalam pemanfaatan data.

“Saat ini, para pelaku bisnis di dunia semakin bergantung pada pemanfaatan data intelijen untuk mendorong inovasi, melakukan digitalisasi operasional, dan memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen,” kata Zhang melalui siaran pers, Selasa, (26/2).

(Baca: Ekspansi Alibaba Meningkatkan Pengguna Komputasi Awan di Indonesia)

Peluncuran produk dan fitur baru ini meliputi komputasi tanpa server, data analytics, global networking, high performance storage, dan enterprise database. Semuanya diharapkan bisa memudahkan pelanggan untuk mendapatkan actionable business insight untuk bersaing di era digital.

Zhang menyebut, selama ini perusahaan global dan startup internet perlu insight dari data untuk membuat berbagai keputusan bisnis dengan cepat. Namun, mereka tantangan dalam mengelola dan menganalisis data dalam skala yang sangat besar secara real-time.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Alibaba Cloud meluncurkan Realtime Compute yang bisa memproses jutaan kejadian per detik dan mendukung pengambilan keputusan real time. Di antaranya,  mendeteksi penipuan, analisis sosial, dan memantau QoS pada jaringan Telco.

(Baca: Permintaan Tinggi, Alibaba Cloud Bangun Pusat Data Kedua di Indonesia)

General Manager Alibaba Cloud EMEA Yeming Wang mengatakan, perusahaannya menghadirkan solusi lintas-batas untuk perusahaan yang ingin berekspansi secara global dan memasuki pasar Asia yang sedang berkembang pesat.

“Solusi-solusi ini telah terbukti dan digunakan Alibaba Group dan kami berharap para pelanggan bisa memanfaatkan keahlian kami untuk menciptakan berbagai nilai pembeda bagi konsumen mereka,” ujarnya.

Setelah kehadirannya mendapatkan respons dan hasil positif dari pelanggan Alibaba Cloud di Tiongkok, kini berbagai solusi dan layanan ini telah tersedia bagi pelanggan internasional.  Perusahaan ini pun telah memiliki dua pusat data di Indonesia, juga pusat data lokal di Singapura dan Malaysia. 

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait